Pojok MPR-RI

Ketua MPR Arak Obor Asian Games 2018 di Lampung

Pergerakan Kirab api obor berjarak sekitar 300 meter lebih, dimulai dari depan Utomobank sampai ke panggung kaldron mini di area Tugu Adipura atau Tugu Gajah.

Oleh:
RED
Bacaan 2 Menit
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan didaulat menjadi tamu kehormatan menyambut dan mengarak api obor di Bandar Lampung, Rabu (8/8). Foto: Humas MPR
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan didaulat menjadi tamu kehormatan menyambut dan mengarak api obor di Bandar Lampung, Rabu (8/8). Foto: Humas MPR

Rangkaian penyelenggaraan multieven Asian Games ke-18 tahun 2018 sudah dimulai dengan kegiatan arak api obor (Torch Relay) Asian Games 2018 melewati berbagai wilayah Indonesia menuju lokasi akhirnya di Jakarta. Api obor tersebut diambil dari sumber api abadi di Mrapen, Jawa Tengah dan seterusnya diarak berkeliling Indonesia melalui 35 Kabupaten/kota di 18 Provinsi dan akan berakhir di Monumen Nasional Jakarta pada tanggal 17 Agustus 2018.

 

Pada Rabu (8/8) perjalanan kirab api obor singgah Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Ketua MPR RI Zulkifli Hasan didaulat menjadi tamu kehormatan menyambut dan mengarak api obor. Zul, begitu ia disapa, didampingi Ketua Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) Erick Thohir, Gubernur Lampung dan beberapa pejabat daerah Lampung.

 

Pergerakan Kirab api obor sendiri berjarak sekitar 300 meter lebih, dimulai dari depan Utomobank sampai ke panggung kaldron mini di area Tugu Adipura atau Tugu Gajah.  Dari Lampung, perjalanan api obor akan terus langsung menuju pelabuhan Bakauheni menyeberang menuju pulau Jawa.

 

Di tengah-tengah acara, Zulhasan menuturkan, perhelatan Asian Games 2018 harus didukung penuh semua pihak. Apalagi Indonesia sebagai tuan rumah. Artinya, seluruh perhatian dunia akan tertuju ke Indonesia. Dunia akan melihat selain penyelenggaraan juga prestasi Indonesia. Maka dari itulah seluruh anak bangsa mesti bangga dan harus menunjukkan profesionalitas dan prestasi kepada dunia.

 

"Selanjutnya, kita doakan dan dukung atlet-atlet Indonesia maksimal berlaga dan berprestasi dan mudah-mudahan bisa masuk 10 besar. Dan mudah-mudahan atlet Lampung terutama di panahan dan angkat berat mampu menyumbangkan emas. Atlet-atlet daerah lain juga mudah-mudahan mampu menyumbangkan emas juga untuk Indonesia," katanya.

 

Kirab api obor Asian Games 2018 di Lampung makin semarak dengan dibarengi gelaran seni budaya Lampung dan pertunjukan aksi dua ekor gajah Lampung dengan disaksikan ribuan masyarakat Lampung yang memadati jalan sepanjang kirab berlangsung.

Tags:

Berita Terkait