Kiat dan Memulai Karier Sebagai Konsultan Hukum
Terbaru

Kiat dan Memulai Karier Sebagai Konsultan Hukum

Konsultan hukum dituntut untuk memiliki kemampuan bertarung yang mumpuni agar dapat membawa klien keluar dari sengketa yang menyelimutinya. Untuk itu perlu persiapan panjang sebelum memulai karir sebagai konsultan hukum.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Kiat dan Memulai Karier Sebagai Konsultan Hukum
Hukumonline

Konsultan hukum memiliki peran penting terutama dalam fungsinya menjaga agar setiap transaksi bisnis selalu berjalan dengan baik dan memberikan manfaat bagi korporasi dan negara.

Dalam praktiknya, konsultan hukum bekerja untuk klien dengan memberikan saran dan solusi yang objektif sebagai pihak ketiga. Meskipun peran konsultan hukum  mirip dengan pengacara, namun tanggung jawab konsultan hukum akan terjadi di luar sidang.

Konsultan hukum merupakan seorang profesional yang memberikan bimbingan hukum untuk bisnis dan individu. Konsultan hukum memiliki tanggung jawab yang sama dengan pengacara, namun konsultan hukum hanya memberikan nasihat hukum di luar sidang.

Baca Juga:

Bidang umum yang menjadi lahan pekerjaan konsultan hukum meliputi hukum bisnis, real estate, urusan luar negeri, dan hukum keuangan. Seseorang yang menyewa konsultan hukum biasanya untuk memastikan bahwa mereka membuat keputusan hukum dan mengembangkan praktik bisnis sesuai hukum yang berlaku.

Menjadi konsultan hukum perlu jam terbang yang panjang, oleh sebab itu setelah menempuh pendidikan, perlu turun kelapangan langsung dengan mengikuti program magang atau program klinis.

Baca juga artikel terkait seputar mahasiswa hukum, silakan klik artikel Klinik berikut ini:Upaya Hukum Pencipta atas Pelanggaran Hak Cipta

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait