Inforial

Kiat Menjadi Sehat dan Cerdas di Era Digital

Untuk urusan kesehatan jangan gegabah dalam mengambil keputusan di zaman yang serba digital ini. Cerdas mengambil langkah terbaik adalah salah satu kunci untuk menjadi lebih sehat.

Oleh:
Tim Inforial
Bacaan 2 Menit
dr. Purnamawati, SpA(K), M.MPAED saat memberikan materi dalam seminar bertajuk Sehat & Cerdas di Era Digital: Katakan Tidak Pada Sakit yang diselenggarakan oleh Yayasan Orang Tua Peduli di Jakarta, Minggu (10/03). Foto: Istimewa
dr. Purnamawati, SpA(K), M.MPAED saat memberikan materi dalam seminar bertajuk Sehat & Cerdas di Era Digital: Katakan Tidak Pada Sakit yang diselenggarakan oleh Yayasan Orang Tua Peduli di Jakarta, Minggu (10/03). Foto: Istimewa

Di era digital, di mana semua serba canggih dengan kemajuan teknologi yang dirasakan setiap orang zaman sekarang ini, sering kali dijadikan ‘kiblat’ dalam mengatasi segala masalah yang sedang dialami. Termasuk masalah kesehatan pun terkadang pencarian solusinya dengan hanya mengandalkan teknologi. Tanpa disadari hal ini menimbulkan risiko besar dengan mempertaruhkan kesehatan seseorang, karena belum tentu solusi yang bersumber dari mesin pencarian tersebut benar adanya.

 

Berangkat dari kenyataan tersebut, Yayasan Orangtua Peduli (YOP) yang merupakan suatu lembaga beranggotakan sekelompok orang tua dan tenaga kesehatan, yang peduli akan kondisi kesehatan maupun lingkungan di masyarakat, khususnya anak-anak Indonesia berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan edukasi berupa seminar serial, yang disebut Program Edukasi Kesehatan Anak untuk Orang Tua (PESAT).

 

PESAT sendiri telah dilaksanakan di Jakarta maupun di beberapa kota lain, seperti Aceh, Medan, Palembang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Kediri, Batam, Makassar, dan Sorowako. “Ya, YOP sudah ada sejak tahun 2003, dan saya mulai aktif terlibat pada kegiatan edukasi seperti ini sekitar tahun 2011,” ujar Dita salah satu panitia PESAT 2019.

 

Tahun 2019 ini seminar serial PESAT dilaksanakan di Jabodetabek, serial pertama yang dihadiri oleh sekitar 150 peserta tersebut membahas tentang upaya-upaya yang bisa dilakukan para orang tua dalam mencegah sakit pada buah hatinya dan jika sudah terlanjur sakit, upaya apa saja yang bisa dilakukan oleh para orang tua.

 

Dimulai dari pembahasan pemberian nutrisi pada 1000 hari pertama kehidupan anak, mempelajari kurva pertumbuhan, mengenali stunting, hingga kiat cerdas memberikan imunisasi lengkap dikupas tuntas oleh para ahlinya yaitu dr. Purnamawati, SpA(K), M.MPAED dan dr. Windhi Kresnawati, SpA sebagai nara sumber dalam seminar serial pertama PESAT di tahun 2019.

 

Kesimpulannya mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan? Upaya-upaya pencegahan ini sangat penting sekali untuk dipahami setiap orang tua di Indonesia karena untuk urusan kesehatan tidak bisa gegabah dalam mengambil keputusan di zaman yang serba digital ini, cerdas mengambil langkah terbaik adalah salah satu kunci untuk menjadi lebih sehat.

 

Mengapa cerdas di era digital ini sangatlah dibutuhkan bagi kesehatan?

Di samping paparan para ahli kesehatan, Justika.com sebuah platform jasa hukum dengan tagar #pahamilangkahterbaik mendukung upaya edukasi konsumen kesehatan yang dirintis YOP ini. Justika mengajak konsumen kesehatan untuk tidak hanya tahu apa hak sebagai konsumen kesehatan tapi juga paham kewajibannya sebagai konsumen kesehatan.

Tags:

Berita Terkait