Kongres IV KAI Sepakat Memilih 9 Anggota Presidium, Siapa Saja?
Utama

Kongres IV KAI Sepakat Memilih 9 Anggota Presidium, Siapa Saja?

Kongres telah memilih 9 orang anggota Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Presidium KAI Periode 2024-2029 yakni Umar Husein, Heru S Notonegoro, Diyah Sasanti, Prof Denny Indrayana, Aldwin Rahadian, Pheo Marojahan Hutabarat, Rizal Haliman, Muh Israq Mahmud, dan H. Rukhi Santoso.

Ady Thea DA
Bacaan 3 Menit
Steering Committee (SC) Kongres IV KAI Aldwin Rahadian saat mengumumkan Presidium KAI Periode 2024-2029 di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (8/6/2024) malam. Foto: Istimewa
Steering Committee (SC) Kongres IV KAI Aldwin Rahadian saat mengumumkan Presidium KAI Periode 2024-2029 di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (8/6/2024) malam. Foto: Istimewa

Perhelatan Kongres Nasional Luar Biasa (KNLB) dan Kongres Nasional IV Kongres Advokat Indonesia (KAI) Tahun 2024 berjalan lancar dan dinamis. Sejumlah anggota yang hadir telah menyampaikan saran, pendapat, dan masukan dalam KNLB dan Kongres IV yang berlangsung 7-8 Juni 2024 di Solo, Jawa Tengah itu. Salah satu perubahan signifikan yang disepakati dalam forum KNLB perubahan AD/ART KAI yakni mengubah pola kepemimpinan organisasi dari model presidensial menjadi presidium.

Alhasil, Kongres IV KAI menyepakati rekomendasi sekaligus memilih presidium, bukan lagi Presiden sebagai pucuk pimpinan organisasi. Steering Committee (SC) Kongres IV KAI sekaligus pimpinan sidang KNLB dan Kongres, Aldwin Rahadian, mengatakan forum Kongres telah memilih 9 anggota DPP Presidium KAI periode 2024-2029. Dari 9 anggota Presidium itu 6 merupakan pengurus DPP KAI 2019-2024 yakni Umar Husein, Heru S Notonegoro, Diyah Sasanti, Prof Denny Indrayana, Aldwin Rahadian, dan Pheo Marojahan Hutabarat.

Baca Juga:

Kemudian 3 anggota Presidium berasal dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KAI yakni Rizal Haliman yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua DPD Jawa Timur. Muh Israq Mahmud, sebelumnya mengampu Ketua DPD Sulawesi Selatan dan H. Rukhi Santoso sebelumnya Ketua DPD Kalimantan Timur. Forum Kongres IV juga telah memilih mantan Presiden KAI, Tjoetjoe Sandjaja Hernanto sebagai Honorary Chairman.

Aldwin menjelaskan Presidium terpilih akan menyusun struktur kepengurusan yang baru dan akan disahkan melalui Surat Keputusan Presidium. Dengan terpilihnya Presidium KAI 2024-2029 dan Honorary Chairman, Kongres IV dinyatakan berakhir. “Sidang Kongres Nasional KAI Ke-IV ini secara resmi ditutup,” kata Aldwin Rahadian menutup rangkaian persidangan Kongres IV KAI Tahun 2024 di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (8/6/2024) malam.

Mantan Presiden KAI 2019-2024 sekaligus Honorary Chairman KAI 2024-2029, Tjoetjoe Sandjaja Hernanto, mengatakan setelah perhelatan KNLB dan Kongres Nasional Ke-IV ini merasa optimis terhadap perkembangan KAI ke depan menjadi lebih baik. “Saya berterima kasih kepada teman-teman yang memilih saya untuk menempati posisi Honorary Chairman,” ujarnya.

Hukumonline.com

Mantan Presiden KAI 2019-2024 sekaligus Honorary Chairman KAI 2024-2029 Tjoetjoe Sandjaja Hernanto.

Kendati tak lagi mengampu sebagai Presiden KAI, tapi dirinya siap setiap saat untuk diminta bantuan, saran, dan masukan untuk kepentingan KAI. Kepada jajaran Presidium yang telah terpilih, dia menyarankan agar jumlah kepengurusan tidak terlalu banyak. Lebih baik bentuk kepengurusan yang ramping dan efektif. Mengenai Ketua Presidium, akan ditentukan sendiri oleh Presidium untuk menentukan siapa yang tepat.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait