Konsekuensi Harta Waris dari Pernikahan Childfree

Konsekuensi Harta Waris dari Pernikahan Childfree

Pembagian warisan orang yang tidak punya anak ini akan sangat berbeda dengan pembagian harta waris atau ahli waris orang yang tidak menikah.
Konsekuensi Harta Waris dari Pernikahan Childfree

Beberapa waktu lalu childfree menjadi perbincangan banyak masyarakat dikarenakan terdapat pasangan selebgram yang mengungkapkan keputusannya untuk tidak memiliki anak. Tentu saja, keputusan dengan berbagai alasan tersebut menimbulkan pro dan kontra di tengah masyarakat. Bila sepasang pasangan memutuskan untuk childfree dalam membina rumah tangga, lalu bagaimana nanti konsekuensi hukum seperti harta bersama yang dimiliki pasangan dan harta warisan yang dimiliki keduanya?

Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan menyatakan bahwa perkawinan adalah ikatan lahir batin antara seorang laki-laki dengan seorang perempuan menjadi pasangan suami istri yang bertujuan membentuk keluarga yang bahagia dan kekal yang berlandasakan Ketuhanan Yang Maha Esa. Seperti diketahui, tujuan perkawinan adalah untuk menciptakan kehidupan keluarga yang bahagia dan sejahtera berdasarkan kasih sayang dan untuk melengkapi kebutuhan biologis secara sehat, legal, dan bertanggung jawab.

Untuk mencapai tujuan perkawinan sakinah mawaddah dan rahmah diperlukan adanya usaha dari pihak suami dan istri, yaitu dengan cara saling melengkapi satu sama lain. Saling membantu, melakukan hal-hal lain yang dianggap penting guna untuk mendukung tercapainya tujuan itu.

Secara ringkasnya, untuk mencapai tujuan perkawinan tersebut pihak suami dan istrri harus melakukan kewajibannya masing-masing dengan sungguh, mampu untuk bertanggung jawab sehingga sempurnalah kehidupan rumah tangganya. Sehingga, bila sepasang suami istri telah memutuskan childfree itu merupakan hak asasi dari pasangan tersebut selagi mampu bertanggung jawab dalam kehidupan rumah tangganya.

Masuk ke akun Anda atau berlangganan untuk mengakses Premium Stories
Premium Stories Professional

Segera masuk ke akun Anda atau berlangganan sekarang untuk Dapatkan Akses Tak Terbatas Premium Stories Hukumonline! Referensi Praktis Profesional Hukum

Premium Stories Professional