KPK Amankan Dokumen Penyusunan APBD dalam Penggeledahan di Jatim
Terbaru

KPK Amankan Dokumen Penyusunan APBD dalam Penggeledahan di Jatim

Penggeledahan sehubungan dengan kasus dugaan suap dalam pengelolaan dana hibah di Provinsi Jatim yang melibatkan Wakil Ketua DPRD Jatim, Sahat Tua P Simandjuntak.

Oleh:
Mochamad Januar Rizki
Bacaan 4 Menit
Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri.
Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan pada ruang kerja Gubernur Provinsi Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak pada Rabu (21/12).

Penggeledahan tersebut sehubungan dengan kasus dugaan suap dalam pengelolaan dana hibah di Provinsi Jawa Timur (Jatim) yang melibatkan Wakil Ketua DPRD Jatim, Sahat Tua P Simandjuntak (STPS) dan Staf Ahli STPS, Rusdi (RS) yang telah ditetapkan tersangka usai terjaring operasi tangkap tangan (OTT).

“Rabu (21/12), Tim Penyidik KPK telah selesai melaksanakan penggeledahan di beberapa lokasi di Kota Surabaya, Jawa Timur. Lokasi dimaksud berada di Kantor Gubernur Jawa Timur yang terdiri dari ruang kerja Gubernur, Wakil Gubernur, Sekretaris Daerah dan kantor Sekretariat Daerah, BPKAD dan Bappeda Jatim,” jelas Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Kamis (22/12).

“Dari kegiatan penggeledahan tersebut ditemukan dan diamankan antara lain berbagai dokumen penyusunan anggaran APBD dan juga bukti elektronik yang diduga memiliki kaitan erat dengan perkara. Analisa dan penyitaan segera akan dilakukan untuk mendukung proses pembuktian perkara ini,” imbuh Ali.

Baca Juga:

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengonfirmasi bahwa tidak ada dokumen gubernur dan wakil gubernur yang dibawa Penyidik KPK saat melakukan penggeledahan di Kantor Jalan Pahlawan Surabaya, Rabu malam (21/12).

"Yang terkonfirmasi di ruang gubernur tidak ada dokumen yang dibawa, di ruang wagub tidak ada dokumen yang dibawa. Di ruang sekda ada 'flashdisk' yang dibawa. Posisinya seperti itu," kata Khofifah seperti dilansir Antara, Kamis (22/12).

Tags:

Berita Terkait