KPK Sita Mobil Pajero dari Kakak Rohadi, Diduga Hasil Korupsi
Berita

KPK Sita Mobil Pajero dari Kakak Rohadi, Diduga Hasil Korupsi

KPK juga sita satu unit ambulans dari rumah sakit milik Rohadi di Indramayu.

Novrieza Rahmy
Bacaan 2 Menit
Rohadi didakwa menerima suap dalam perkara hukum yang melibatkan pedangdut Saipul Jamil.
Rohadi didakwa menerima suap dalam perkara hukum yang melibatkan pedangdut Saipul Jamil.
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan pemeriksaan sejumlah saksi dan penggeledahan di Indramayu, Jawa Barat terkait kasus dugaan gratifikasi dan pencucian uang panitera pengganti Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara Rohadi. Pemeriksaan dan penggeledahan berlangsung sejak Kamis hingga Sabtu pekan lalu.
Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha mengatakan, pemeriksaan dilakukan terhadap sejumlah saksi di Desa Cikedunglor, Kecamatan Cikedung, Indramayu. "KPK juga menggeledah rumah sakit milik R (Rohadi) di Cikedung dan rumah orang tua R di Tarikolot, Cikedung," katanya di KPK, Selasa (6/9).
Dari hasil penggeledahan, sambung Priharsa, KPK menyita satu unit mobil Pajero Sport. Mobil tersebut disita dari Camat Cikedung, Darim yang juga kakak Rohadi. Selain Pajero, KPK menyita pula satu unit mobil ambulans dari rumah sakit milik Rohadi. Hingga kini, KPK masih mendalami sumber aset-aset milik Rohadi.
Priharsa mengungkapkan bahwa aset-aset yang disita KPK diduga diperoleh Rohadi dari tindak pidana korupsi. Dan, memang, KPK telah menetapkan Rohadi sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap atau gratifikasi terkait pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA) dan tersangka kasus pencucian uang. (Baca juga: Didakwa Suap Bersama Ketua Majelis, Rohadi Depresi dan Mau Bunuh Diri)
Pengurusan perkara itu diduga dilakukan Rohadi saat menjabat sebagai panitera pengganti di dua pengadilan, yaitu di PN Bekasi dan PN Jakarta Utara. Belum diketahui, perkara-perkara apa saja yang diurus Rohadi. Yang pasti, gratifikasi-gratifikasi tersebut diduga telah diubah menjadi sejumlah aset, antara lain mobil Toyota Yaris.
Sebelumnya, Rohadi juga telah menjadi tersangka dalam kasus suap pengurusan perkara pedangdut Saipul Jamil. Namun, kasus tersebut sudah maju ke persidangan. Terkait dugaan gratifikasi dan pencucian uang, KPK beberapa waktu lalu telah pula melakukan penggeledahan di sejumlah lokasi di Indramayu dan Jakarta.
Dari hasil penggeledahan rumah pribadi Rohadi atau orang tuanya di Desa Cikedung, rumah di Desa Cikedung, rumah di Lunggadung, Indramayu, rumah di Tarikolot, dan Kantor Kecamatan Cikedung, KPK menyita dokumen-dokumen dan data elektronik. Sementara, mobil Toyota Yaris disita KPK dari sebuah apartemen di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara.  
Tags:

Berita Terkait