Kuasai 3 Skill Penting Ini untuk Menjadi Legal Officer yang Andal!
Terbaru

Kuasai 3 Skill Penting Ini untuk Menjadi Legal Officer yang Andal!

Untuk menjadi legal officer yang andal, Anda harus menguasai hukum bisnis, bagaimana memahami pembuatan kontrak yang benar, kemampuan komunikasi dan negosiasi, kritis, serta aktif berpendapat.

Oleh:
Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 3 Menit
Ilustrasi by Hukumonline
Ilustrasi by Hukumonline

Aspek hukum memiliki peran penting untuk sebuah perusahaan bisa berjalan dengan baik. Mulai dari menangani permasalahan hukum, mengelola berbagai dokumen hukum, update terhadap peraturan, hingga dapat mengidentifikasi risiko yang terjadi di masa depan, merupakan segelintir tanggung jawab yang harus diemban oleh seorang legal officer. Melihat jobdesk tersebut, maka legal officer haruslah seseorang yang mempunyai gelar sarjana hukum.

Karena memiliki posisi yang sangat penting dalam perusahaan, maka sudah sepatutnya seorang legal officer harus terus mengasah dan mengembangkan skill agar dapat menjadi legal officer yang andal. Berikut adalah beberapa skill yang harus Anda kuasai sebelum terjun ke dalam profesi tersebut.

  1. Research and Analytical Skills

Mengingat perubahan peraturan yang sangat dinamis, maka sebagai seorang legal officer, Anda dituntut untuk selalu aktif melakukan penelitian terhadap perkembangan regulasi yang ada. Setelah melakukan riset yang mendalam, Anda juga diwajibkan untuk memberikannasihat hukum. Oleh karena itu, penting sekali untuk memiliki kemampuan analisis yang kuat agar setiap keputusan yang diperoleh juga dapat meminimalisasi risiko hukum yang akan terjadi di waktu mendatang.

  1. Contract Drafting and Negotiation Skills

Pekerjaan legal officer pastinya akan selalu berhubungan dengan dokumen perjanjian atau kontrak kerja sama dengan berbagai pihak. Sehingga, Anda harus terampil dalam melakukan review serta penyusunan kontrak.

Selain itu, Anda juga wajib memahami teknik dalam melakukan negosiasi kontrak, karena negosiasi merupakan fondasi awal terciptanya kontrak yang baik, supaya setiap pihaknya bisa mencapai kondisi sama-sama diuntungkan. Maka dari itu, penyusunan kontrak harus dilakukan dengan cermat dan tidak boleh terburu-buru, agar tidak menimbulkan permasalahan bisnis di kemudian hari.

  1. Communication Skill

Selain melakukan pekerjaan yang sifatnya administratif, sebagai pengacara internal perusahaan, seorang legal officer juga mempunyai tanggung jawab lainnya yaitu memberikan nasihat hukum bagi para stakeholders perusahaan. Dengan begitu kompleksnya peraturan yang ada, legal officer harus bisa menjelaskan secara sedeharna bagaimana peraturan tersebut nantinya akan diimplementasikan. Sehingga, para pimpinan maupun staf divisi lain yang tidak memiliki latar belakang hukum dapat mengerti dengan mudah.

Diantara ketiga skill diatas, tentunya masih banyak kompetensi-kompetensi lainnya yang harus Anda miliki. Seperti kemampuan administratif yang baik, menguasai hukum bisnis, mempunyai skill dalam legal english, teliti, kritis, dan lain sebagainya.

Tags: