KY Kerahkan Tim Pantau Jalannya Persidangan Ferdy Sambo dkk
Terbaru

KY Kerahkan Tim Pantau Jalannya Persidangan Ferdy Sambo dkk

Kehadiran Komisi Yudisial dalam rangka melakukan pemantauan sesuai dengan ketentuan undang-undang.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 2 Menit
Wakil Komisi Yudisial (KY), M. Taufiq HZ. Foto: WIL
Wakil Komisi Yudisial (KY), M. Taufiq HZ. Foto: WIL

Persidangan Ferdy Sambo dkk dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir J mulai berjalan hari ini, Senin (17/10) di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. Selain Ferdy Sambo, pengadilan juga akan menghadirkan tiga tersangka lainnya, yaitu Purtri Candrawathi, Kuat Ma’ruf, dan Bripka Ricky Rizal dalam sidang pembacaan dakwaan hari ini.

Dalam pantauan Hukumonline, Wakil Komisi Yudisial (KY), M. Taufiq HZ, langsung mengawasi jalannya persidangan mantan Kadiv Prompam tersebut. Dia menjelaskan bahwa kehadiran KY dalam rangka melakukan pemantauan sesuai dengan ketentuan undang-undang. Hal ini juga dilakukan dikarenakan kasus Ferdy Sambo menarik perhatian masyarakat beberapa waktu terakhir.

“Kami hadir disini dalam rangka pemantauan sesuai dengan ketentuan undang-undang bahwa Komisi Yudisial melakukan pengawasan terhadap persidangan, terutama sidang yang berjalan hari ini yang cukup menarik perhatian masyarakat,” ujarnya kepada awak media.

Baca Juga:

Ia melanjutkan, dalam proses persidangan ini Komisi Yudisial mengerahkan dua tim yang terdiri dari masing-masing tiga orang yang akan memantau langsung jalannya sidang tersebut.

“Kami akan memantau langsung di dalam persidangan dan di luar persidangan,” tambahnya.

Ia juga berharap hakim dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan beleid, kode etik, dan pedoman perilaku hakim. Ia memastikan bahwa KY akan memantau dari awal persidangan hingga putusan akhir dibacakan.

“Kami memantau hakim apakah sudah sesuai dengan undang-undang sampai nanti putusan. Kita juga selaku pengawas eksternal akan mengawasi apakah hakim merasa nyaman dan tidak ada tekanan,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait