Terbaru

Lama Masa Idah Jika Suami Meninggal

Tidak hanya waktu mulai, lama masa idah juga berbeda-beda. Masa idah jika suami meninggal misalnya, yakni 130 hari dan mulai berlaku dari tanggal kematian suami.

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 3 Menit
Ilustrasi masa idah suami meninggal dunia. Sumber: pexels.com
Ilustrasi masa idah suami meninggal dunia. Sumber: pexels.com

Masa idah merupakan masa tunggu bagi seorang perempuan yang pisah dari suaminya. Penting untuk diketahui bahwa tiap masa idah memiliki perbedaan waktu; masa idah jika suami meninggal berbeda dari masa idah karena cerai. Berikut paparan lengkapnya.

Pengertian Masa Idah

Apa yang dimaksud dengan masa iddah? KBBI mendefinisikan iddah atau idah sebagai masa tunggu bagi perempuan yang berpisah dengan suami, baik karena ditalak maupun bercerai mati atau dikenal dengan masa idah suami meninggal. Lebih lanjut, beberapa ulama memiliki tafsiran yang berbeda akan masa idah.

Abdul Qadir Mansyur mengartikan masa idah sebagai masa penantian seorang perempuan yang diceraikan atau ditinggal mati oleh suaminya. Kemudian, akhir dari masa idah ini menurut Mansyur ditentukan dengan proses melahirkan, masa haid atau masa suci, atau dengan bilangan bulan.

Selanjutnya, A Rofiq menerangkan bahwa ulama dengan mazhab Hanafiyah dan Malikiyah memiliki perbedaan arti perihal masa idah. Ulama Hanafiyah menerangkan bahwa idah adalah ketentuan masa penantian bagi seorang perempuan untuk mengukuhkan status pernikahan yang bersifat material, seperti memeriksa kehamilan atau untuk menjaga kehormatan suami.

Sementara itu, Ulama Malikiyah mengartikan idah sebagai masa kosong yang harus dijalani seorang perempuan. Dalam masa ini, perempuan dilarang kawin sebab sudah ditalak atau ditinggal mati sang suami.

Berdasarkan hukum positif di Indonesia, sebagaimana diatur dalam Kompilasi Hukum Islam (KHI), idah berarti masa tunggu. Pemberlakukan masa idah ini ditetapkan berdasarkan jatuhnya putusan pengadilan atau tanggal kematian suami.

Jadi, masa idah wanita berapa lama? Masa idah seseorang berbeda-beda, tergantung penyebab pisahnya. Sebagai contoh, masa idah suami meninggal berbeda dari masa idah karena cerai. Bahkan, masa idah karena cerai dalam kondisi masih haid pun berbeda dengan cerai saat tidak lagi haid.

Halaman Selanjutnya:

Berita Terkait

Berita Populer

Berita Terbaru

Lihat Semua