Pojok PERADI

Langkah Peradi Dukung Peningkatan Kualitas Advokat Padang

Otto berharap, pembentukan cabang, juga dukungan dari gubernur dan walikota dapat memicu semangat para advokat untuk terus berjuang meningkatkan kualitas.

Oleh:
Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 2 Menit
Pelantikan DPC, DKD, YLC, PBH dan Pembekalan Advokat Peradi Padang Masa Jabatan 2022-2027. Foto: istimewa.
Pelantikan DPC, DKD, YLC, PBH dan Pembekalan Advokat Peradi Padang Masa Jabatan 2022-2027. Foto: istimewa.

Bertempat di Hotel Truntum Padang, Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) menyelenggarakan acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dewan Pimpinan Cabang (DPC), DKD (Dewan Kehormatan Daerah), Young Lawyers Committee (YLC), dan Pusat Bantuan Hukum Peradi Kota Padang Masa Jabatan 2022-2027 pada Jumat (29/7). Pada acara ini, para anggota dilantik langsung oleh Ketua Umum DPN Peradi, Prof. Dr. Otto Hasibuan, S.H., M.M.

 

Hukumonline.com

Prosesi pelantikan oleh Ketua Umum DPN Peradi, Prof. Dr. Otto Hasibuan, S.H., M.M. Foto: istimewa.

 

Dihubungi secara terpisah Ketua Umum DPN Peradi, Otto Hasibuan menekankan, setidaknya ada dua hal yang menjadi fokus pada acara ini. Pertama, yakni upaya agar Peradi dapat terus bermanfaat bagi masyarakat sekitar, sehingga pro bono harus menjadi kewajiban dan dilaksanakan oleh para advokat Peradi di mana pun mereka berada.

 

Menurut Otto, seorang advokat dianggap belum menunaikan tugasnya sebagai seorang advokat pejuang, jika ia belum pernah melakukan pekerjaan pro bono. Ia berharap, pembentukan cabang, juga dukungan dari gubernur dan walikota dapat memicu semangat para advokat untuk terus berjuang meningkatkan kualitas.

 

“Saya berharap, bantuan hukum cuma-cuma di Sumatera Barat tetap dikembangkan. Memang, terus terang, kampanye terkait PBH masih sedikit kurang, padahal kami sudah memiliki hampir 145 cabang dan semuanya aktif memberikan bantuan hukum di daerahnya masing-masing. Namun, khusus di daerah Padang, kami ingin agar pengurus barunya dapat lebih bagus. Selama ini mereka sudah bagus, tetapi kami ingin meminta, terlebih melalui kerja sama dengan pihak gubernur dan walikota, agar pelayanan kepada rakyat yang tidak mampu ini ditingkatkan,” kata Otto.

 

Hukumonline.com

Ketua Umum DPN Peradi, Prof. Dr. Otto Hasibuan, S.H., M.M. Foto: istimewa.

Kedua, yaitu pelantikan Young Lawyers Committee. Otto menyampaikan, selama ini ada sejumlah cabang yang belum memahami pembentukan komite advokat muda. Padahal, komite advokat muda sebenarnya sudah terbentuk dan dimiliki oleh banyak negara dunia. Tujuan utamanya, yakni memberikan kesempatan atau jembatan antara generasi muda dengan yang lebih senior.

 

“Jika tidak ada jembatan ini, dikhawatirkan nanti generasi yang lebih muda tidak dapat berinteraksi untuk kepentingan peningkatan kualitas generasi berikutnya. Melalui lembaga ini, para advokat muda akan dibina dan dibimbing agar lebih profesional, sehingga ketika berada dalam organisasi maupun profesinya, mereka betul-betul mencintai perannya sebagai penegak hukum,” Otto menambahkan.

 

Adapun dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi Anshrullah, S.P., berikut nama-nama ketua organisasi terpilih: Ketua DPC Peradi Padang, Miko Kamal, S.H., LL.M., Ph. D.; Ketua DKD Peradi Padang, Dr. H. Amiruddin, S.H., M.H.; Ketua PBH Peradi Padang, Poniman A. S., S.H., M.H.; dan Ketua YLC Peradi Padang, Jade Maulana Mahdapati, S.H. Acara dilanjutkan dengan pembekalan oleh Ketua Umum DPN Peradi, Otto Hasibuan.

  

Artikel ini merupakan kerja sama Hukumonline dengan Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi)

 

Tags: