Lantik Ketua DPD KAI NTB, Tjoetjoe: Kami Siap Perluas Akses Bantuan Hukum!
Berita

Lantik Ketua DPD KAI NTB, Tjoetjoe: Kami Siap Perluas Akses Bantuan Hukum!

Salah satu program yang diusung KAI adalah 1 desa 1 advokat sehingga akses keadilan dapat dirasakan masyarakat.

Oleh:
CT-CAT
Bacaan 2 Menit
Presiden KAI Tjoetjoe Sandjaja Hernanto saat melantik Ainuddin sebagai Ketua DPD KAI NTB dan jajarannya. Foto: KAI
Presiden KAI Tjoetjoe Sandjaja Hernanto saat melantik Ainuddin sebagai Ketua DPD KAI NTB dan jajarannya. Foto: KAI

Presiden Kongres Advokat Indonesia (KAI) Tjoetjoe Sandjaja Hernanto melantik DR. Ainuddin sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KAI Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) di Mataram, Senin (17/2). Pelantikan ini merupakan tindak lanjut dari hasil Konferda DPD KAI NTB.

 

Saat menyampaikan pidatonya, Tjoetjoe menegaskan bahwa KAI siap memperluas akses bantuan hukum bagi masyarakat Indonesia melalui program 1 desa 1 advokat. Apalagi, program-program yang dijalankan selama ini mendapat dukungan dari empat perguruan tinggi yang ada di NTB.

 

“DPP KAI saat ini terus mendorong dan mengembangkan program-program yang bisa di implementasikan di daerah-daerah, misalnya program 1 Desa 1 Advokat untuk memperluas akses bantuan hukum untuk masyarakat,” kata Tjoetjoe.

 

Di sisi lain, lanjut Tjoetjoe, di kalangan internal, KAI terus mendorong anggota untuk meningkatkan kompetensinya. Ia menegaskan bahwa, KAI adalah organisasi advokat yang pertama dan satu-satunya yang memiliki standar kompetensi profesi diakui oleh Badan Sertifikasi Profesi Nasional.

 

Pada kesempatan tersebut, Tjoetjoe juga mengucapkan terima kasih kepada Plt Ketua DPD KAI NTB periode lalu, Iskandar, atas dedikasi dan pengabdian selama ini. Menurutnya, program yang sudah baik dari periode lalu patut diteruskan oleh kepengurusan periode selanjutnya, dan bahkan memperluas program dengan lebih baik lagi.

 

Dalam kesempatan yang sama, Tjoetjoe juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur NTB yang diwakili oleh Kepala Biro Hukum Provinsi NTB, Ruslan Abdul Gani. Ucapan terima kasih juga diutarakan kepada Ketua Pengadilan Tinggi Agama NTB, Perwakilan Polda NTB, Ketua IKADIN NTB, Perwakilan DPC Peradi Mataram dan beberapa kalangan pengusaha yang bersedia hadir dalam kegiatan ini.

 

Usai pelantikan, Ainuddin mengatakan bahwa dirinya siap melaksanakan amanah yang diberikan oleh anggota KAI NTB dan DPP KAI. Menurutnya, keberadaan advokat sangat penting dalam menyelaraskan penegakan hukum di tengah-tengah masyarakat. “Pendidikan Khusus Profesi Advokat juga akan dikemas lebih baik lagi, dan akan menerapkan pendidikan-pendidikan dan ujian tersebut berbasis online,” katanya.  

Tags:

Berita Terkait