Lima Peristiwa Konsumen yang Ramai Sepanjang Tahun 2022
Kaleidoskop 2022

Lima Peristiwa Konsumen yang Ramai Sepanjang Tahun 2022

Mulai dari peristiwa kecelakaan kolam renang di Surabaya, hingga sengketa fasum dan fasos di Perumahan Pantai Mutiara Jakarta Utara.

Oleh:
Fitri Novia Heriani
Bacaan 4 Menit
Ilustrasi perlindungan konsumen. Foto: pexels.com
Ilustrasi perlindungan konsumen. Foto: pexels.com

Sepanjang tahun 2022, banyak peristiwa terkait konsumen yang menarik atensi publik. Mulai dari peristiwa kebocoran data hingga peristiwa gagal ginjal akut pada anak yang hingga saat ini masih terus diselidiki oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Berikut lima peristiwa konsumen yang menarik perhatian publik sepanjang tahun 2022, yang dirangkum oleh Hukumonline.

Pertama, kecelakaan kolam renang Surabaya. Pada 7 Mei 2022, terjadi tragedi kecelakaan robohnya wahana perosotan di taman bermain air atau water park di Kenjeran Park Surabaya. Peristiwa itu menjadi perhatian berbagai pihak khususnya mengenai aspek keamanan dan keselamatan bagi konsumen. Akibat kecelakaan tersebut sedikitnya 16 korban mengalami luka berat dan trauma.

Baca juga:

Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Tulus Abadi menyatakan pihak kepolisian harus mengusut tuntas robohnya seluncuran water park tersebut. Dia menyatakan kecelakaan tersebut dapat disebabkan oleh keteledoran pihak pengelola yang tidak memeriksa ulang keandalan dan kelayakan teknis area bermain secara seksama.

Terlebih lagi, penggunaan wahana tersebut terjadi saat puncak pengunjung memanfaatkan libur lebaran. Selain itu, dia juga menekankan agar pengelola water park bertanggung jawab terhadap biaya pengobatan para korban.

Kedua, pencurian cokelat di Alfamart. Pada Agustus lalu, publik dihebohkan dengan aksi seorang konsumen yang melakukan pengutilan beberapa bungkus cokelat di minimarket Alfamart Sampora, Kampung Sampora RT4/2, Cisauk Tangerang. Kejadian tersebut berawal dari seorang konsumen yang mengambil barang tanpa membayar dan dilihat oleh karyawan.

Tags:

Berita Terkait