Terbaru

Lingkup Jaminan Premi Jasa Raharja

Seluruh korban yang meninggal dunia dan korban luka-luka berada dalam lingkup jaminan Jasa Raharja. Hal ini dijelaskan dalam UU No. 33 Tahun 1964 dan UU No.34 Tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Ilustrasi kecelakaan lalu lintas. HOL
Ilustrasi kecelakaan lalu lintas. HOL

PT Jasa Raharja (Persero) cabang utama Jawa Timur, menjamin santunan yang akan diberikan kepada korban rombongan bus pariwisata di jalan tol Mojokerto. Peristiwa kecelakaan lalu lintas tersebut merenggut 14 nyawa yang tewas di lokasi kejadian.

Korban meninggal dunia dibawa ke RS Dr. Wahidin Sudiro Husodo Mojokerto dan korban luka-luka dibawa ke RS Emma, RS Citra Medika, RS Gatoel, dan RS Petrokimia. Dari 24 penumpang yang ada di dalam bus, 14 meninggal dunia dan 11 orang luka-luka.

Seluruh korban yang meninggal dunia dan korban luka-luka berada dalam lingkup jaminan Jasa Raharja. Hal ini lebih lanjut dijelaskan dalam UU No. 33 Tahun 1964 dan UU No.34 Tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Baca:

UU No. 33 Tahun 1964 Jo. PP No. 17 Tahun 1965 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang Umum menjelaskan, korban yang berhak atas santunan adalah setiap penumpang sah dari alat angkutan penumpang umum yang mengalami kecelakaan diri, yang diakibatkan oleh penggunaan alat angkutan umum, selama penumpang yang bersangkutan berada dalam angkutan tersebut, yaitu saat naik dari tempat pemberangkatan sampai turun di tempat tujuan.

Bagi penumpang kendaraan bermotor umum atau bus yang berada di dalam tenggelamnya kapal, maka kepada penumpang bus yang menjadi korban diberikan santunan ganda. Sedangkan bagi korban yang jasadnya tidak ditemukan dan atau hilang, penyelesaian santunan didasarkan kepada Putusan Pengadilan Negeri.

Merujuk pada keputusan Menteri Keuangan RI No.KEP.15/PMK.010/2017 pada 13 Februari 2017, nilai santunan kecelakaan bagi penumpang yaitu:

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait