Lomba Karya Tulis Ika FH Usakti Dimenangkan Lintas Angkatan
Inforial

Lomba Karya Tulis Ika FH Usakti Dimenangkan Lintas Angkatan

Ajang alumni untuk menyumbangkan gagasan dan pikirannya bagi pembangunan hukum maupun kemajuan bangsa dan negara.

Oleh:
CT-CAT
Bacaan 2 Menit
Lomba Karya Tulis Ika FH Usakti Dimenangkan Lintas Angkatan
Hukumonline

Lomba karya tulis yang secara rutin diselenggarakan Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Trisakti (Ika FH Usakti) telah ditutup pada akhir November 2020. Seluruh karya tulis dilakukan penilaian oleh Dewan Juri yang terdiri dari Pemimpin Redaksi Hukumonline.com Fathan Qorib, Dosen Fakultas Hukum Universitas Trisakti Aji Wibowo dan Alumni Fakultas Hukum Universitas Trisakti Feri Wirsamulia.

Fathan Qorib menjelaskan penilaian karya tulis didasarkan pada 5 faktor yakni substansi, kreativitas, akurasi data, originalitas, koherensi dan kohesi. Setiap faktor bernilai maksimum 20 poin dengan total angka penilaian 100 poin. Karya tulis kali ini yang bertema “Menelaah Undang-Undang Cipta Kerja (Omnibus Law) Sebagai Jalan Keluar Masalah Perekonomian Indonesia” diwarnai dengan berbagai sudut pandang dan memperkaya kajian terhadap Undang-Undang Cipta Kerja (Omnibus Law).

Juara 1 lomba karya tulis kali ini dimenangkan oleh Asha Sagsha Nurshoffa alumni angkatan 2015 dengan tulisan berjudul “Inovasi Kewajiban Bantuan Hukum Terhadap Perlindungan Berusaha UMKM Dalam UndangUndang Cipta Kerja” dengan total nilai 82,1 poin. Sebagai juara 1 memperoleh hadiah uang tunai sebesar Rp5.000.000 dari Ficky Fernando & Partners serta plakat dan piagam penghargaan dari Ika FH Usakti.

Sedangkan juara 2 dimenangkan oleh Nurmadjito alumni angkatan 1968 dengan tulisan berjudul “Politik Hukum UU Cipta Kerja Terhadap Usaha Mikro Dan Kecil (UMK)” dengan total nilai 82 poin. Sebagai juara 2 memperoleh hadiah uang tunai sebesar Rp4.000.000 dari Assegaf Hamzah & Partners, serta plakat dan piagam penghargaan dari Ika FH Usakti.

Juara 3 dimenangkan oleh Albert Aries alumni angkatan 2003 dengan tulisan berjudul “Ratio Legis UU Cipta Kerja Dalam Upaya Memajukan Perekonomian Indonesia” dengan total nilai 81,3 poin. Sebagai juara 3 memperoleh hadiah uang tunai sebesar Rp 3.000.000 dari Margono Surya & Partners, serta plakat dan piagam penghargaan dari Ika FH Usakti.

Ketua Panitia lomba karya tulis Regina Ine Murweni menerangkan karena kondisi pandemi maka pemenang lomba karya tulis diumumkan secara virtual dan melalui media sosial. Hadiah dikirim ke masing-masing pemenang tanpa adanya seremoni.

Dalam kesempatan terpisah (26/12), Ketua Ika FH Usakti Rivai Kusumanegara menjelaskan lomba karya tulis ini sebagai ajang alumni untuk menyumbangkan gagasan dan pikirannya bagi pembangunan hukum maupun kemajuan bangsa dan negara.

"Seperti tahun sebelumnya, lomba ini mengambil topik yang sedang hangat dan diikuti alumni dari berbagai daerah termasuk manca negara", tutup Rivai. 

Artikel ini merupakan kerja sama antara Hukumonline dengan Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Trisakti (Ika FH Usakti)

Tags:

Berita Terkait