Terbaru

Lulusan Hukum Wajib Persiapkan Hal Ini Sebelum Memulai Karier Pertama!

Mengikuti organisasi di kampus, mempertahankan nilai IPK yang baik, meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, serta mengubah profil LinkedIn menjadi lebih profesional adalah beberapa hal yang wajib kamu perhatikan jika ingin mendapatkan karir impian terbaik.

Oleh:
Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 4 Menit
Ilustrasi by Hukumonline
Ilustrasi by Hukumonline

Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih pekerjaan pertama setelah lulus dari  fakultas hukum. Sama dengan mahasiswa jurusan lainnya, pasti kamu akan mempertimbangkan banyak hal sebelum akhirnya memutuskan untuk memilih pekerjaan itu sebagai pekerjaan pertamamu. Dimulai dari standar gaji yang harus kamu ketahui, benefit apa saja yang akan kamu dapatkan, lokasi kantor, jenjang karir, dan yang tak kalah penting adalah minat atau passion ketika nantinya kamu akan menggeluti pilihan pekerjaan itu.

Walaupun tidak ada aturan yang menyatakan bahwa bekerja harus sesuai dengan passion atau minat, namun dengan mendapat gambaran atas konsekuensi dalam pekerjaan akan memberikan kita resiliency atau daya lenting yang lebih baik saat menghadapi tekanan. Sehingga, kita akan lebih enjoy dalam menjalaninya meskipun dunia kerja tidak akan selalu menyenangkan di manapun kita bekerja.

Lalu, bagaimana cara menemukan passion sebelum akhirnya terjun di dunia profesional?

Menurut Ade Eva Fatmawati, seorang recruiter sekaligus edu content creator, dalam webinar yang berjudul “Unlock your Passion and Prepare for a Bright Future Career in the Law”, Kamis (9/6/2022) mengatakan “Kalian bisa menemukan passion itu dengan mengingat kembali apa yang menjadi kesukaan atau hal yang membuatmu bahagia, misalnya adalah mempunyai hobi tertentu di sela-sela kegiatan kampus.”

Mengenal diri sendiri juga bisa kita lakukan dengan menjalin koneksi seluas-luasnya dan mencoba banyak hal baru yang bermanfaat. Dengan hal ini, kamu akan mengetahui apa yang menjadi minatmu dan tentunya kamu akan lebih mudah dalam memilih bidang pekerjaan yang ingin kamu geluti.

Persiapkan Karier Impianmu dari Sekarang

Selagi masih duduk di bangku kuliah, akan lebih baik jika kamu mempersiapkan bekal untuk nanti terjun di dunia kerja sebagai profesional hukum di mulai mempersiapkan diri sebagai lulusan hukum terbaik. Berikut adalah tips yang harus kamu ikuti:

  1. Mengikuti organisasi di kampus

Di dunia pekerjaan, kamu akan bertemu dengan banyak orang untuk saling berkoordinasi mengenai pekerjaan. Mengikuti organisasi saat masih kuliah, akan membantumu untuk melatih kemampuan berkomunikasi dan berpikir kritis. Carilah organisasi yang memang relate dengan kebutuhan dan sesuai dengan minatmu di dunia pekerjaan.

Jika kamu senang berdebat, mungkin kamu bisa mengikuti forum MCC (Moot Court Community) di fakultas atau mengikuti organisasi ALSA  (Asian Law Students' Association) untuk mendapatkan relasi yang lebih luas lagi.

Halaman Selanjutnya:
Tags: