Terbaru

Macam-Macam Saksi dari Memberatkan hingga Meringankan

Ada 8 macam-macam saksi, yakni saksi a charge, saksi a de charge, saksi ahli, saksi korban, saksi de auditu, saksi mahkota, saksi pelapor, dan justice collaborator.

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 3 Menit
Ilustrasi macam-macam saksi. Foto: pexels.com
Ilustrasi macam-macam saksi. Foto: pexels.com

Dalam suatu perkara pidana, kehadiran saksi sangatlah penting. Seorang saksi dapat memberikan keterangan yang mana keterangannya tersebut akan berguna dalam penyidikan, penuntutan, dan peradilan. Berdasarkan jenisnya, macam-macam saksi terbagi atas delapan kategori. Berikut ulasannya.

Pengertian Saksi dan Keterangan Saksi

Sebelum membahas macam-macam saksi, mari kenali pengertiannya terlebih dahulu. KBBI mendefinisikan enam definisi atas saksi. Pertama, saksi adalah orang yang melihat atau mengetahui sendiri suatu peristiwa. Kedua, saksi adalah orang yang dimintai hadir pada suatu peristiwa yang dianggap mengetahui kejadian tersebut agar pada suatu ketika, apabila diperlukan, dapat memberikan keterangan yang membenarkan bahwa peristiwa itu sungguh-sungguh terjadi.

Ketiga, saksi adalah orang memberikan keterangan di muka hakim untuk kepentingan pendakwa atau terdakwa. Keempat, saksi merupakan keterangan (bukti pernyataan) yang diberikan oleh orang yang melihat atau mengetahui. Kelima, saksi merupakan bukti kebenaran. Keenam, saksi adalah orang yang dapat memberikan keterangan guna kepentingan penyidikan, penuntutan, dan peradilan tentang suatu perkara pidana yang didengarnya, dilihatnya, atau dialaminya sendiri.

Baca juga:

Dalam peraturan perundang, yakni Pasal 1 angka 26 KUHAP, definisi saksi yang temuat adalah sama dengan definisi keenam KBBI, yakni orang yang dapat memberikan keterangan guna kepentingan penyidikan, penuntutan, dan peradilan tentang suatu perkara pidana yang didengarnya, dilihatnya, atau dialaminya sendiri.

Lebih lanjut, dalam KUHAP ada pula istilah keterangan saksi. Pasal 1 angka 27 KUHAP mengartikan keterangan saksi adalah salah satu alat bukti dalam perkara pidana yang berupa keterangan dari saksi mengenai suatu peristiwa pidana yang ia dengar sendiri, ia lihat sendiri, dan ia alami sendiri dengan menyebut alasan dari pengetahuannya itu.

Macam-Macam Saksi

Terkait klasifikasi macam-macam saksi atau jenisnya, A Sadidah menerangkan bahwa delapan macam-macam saksi. Kedelapan macam-macam saksi yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait