Terbaru

Mahasiswa dan Alumni FH Usakti, Ikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Tahun 2021!

Diselenggarakan rutin setiap tahun sejak 2019, kompetisi ini bersifat gratis dan hanya dapat diikuti oleh alumni dan mahasiswa FH Universitas Trisakti.

Oleh:
Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 2 Menit
Lomba Karya Tulis Ilmiah III Tahun 2021 Ika FH Usakti. Foto: istimewa.
Lomba Karya Tulis Ilmiah III Tahun 2021 Ika FH Usakti. Foto: istimewa.

Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Trisakti (Ika FH Usakti) kembali menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Ilmiah III Tahun 2021. Diselenggarakan rutin setiap tahun sejak 2019, kompetisi ini bersifat gratis dan hanya dapat diikuti oleh alumni dan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Trisakti.

 

Setidaknya, terdapat tiga tema yang dapat dipilih bagi calon peserta, diantaranya ‘Perlindungan WTO terhadap Ekses Negatif Perdagangan Bebas bagi Negara Berkembang’; ‘Analisa Yuridis Pembatasan Imunitas Pejabat Pemerintahan dalam Penanggulangan Covid-19 oleh Mahkamah Konstitusi’; dan ‘Tinjauan Hukum terhadap Pemindahan Ibu Kota Negara’. Adapun Ketua Umum Ika FH Usakti, Rivai Kusumanegara mengungkapkan, beragamnya pilihan tema dan peningkatan nominal hadiah ditujukan untuk menarik minat peserta. 

 

Selain alumni, setiap tahunnya terdapat mahasiswa yang menjadi pemenang. Pada tahun 2020, misalnya, Juara I dimenangkan Asha Sagsha Nurshoffa (mahasiswa), Juara II Nurmadjito (alumni angkatan 1968), dan Juara III Albert Aries (alumni angkatan 2003).

 

Ketua Panitia Lomba Eka Trisny Edyanti Nasution lantas menjelaskan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengikuti kompetisi karya tulis, meliputi: 

  1. Memiliki panjang minimal delapan (8) halaman dan maksimal 12 halaman A4 (di luar Daftar Pustaka).
  2. Sistematika penulisan: Latar Belakang, Pembahasan, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka.
  3. Ditulis dengan Spasi 1,5, huruf Times New Roman 12, dan terdapat catatan kaki.
  4. Judul bebas sesuai pilihan tema, tulisan orisinal, dan belum pernah dipublikasikan.
  5. Peserta wajib mencantumkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM). Bagi alumni, dapat mencantumkan tahun masuk/angkatan.

 

Para pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai dengan total Rp15 juta, yang terbagi atas Juara I (Rp6 juta), Juara II (Rp5 juta), dan Juara III (Rp4 juta). Masing-masing pemenang juga akan mendapatkan plakat, sertifikat, serta paket publikasi di situs Hukumonline maupun Ika FH Usakti. Tulisan akan dinilai langsung oleh tim juri yang terdiri atas redaksi Hukumonline, dosen FH Usakti, dan alumni FH Usakti.

 

Karya tulis dapat dikirimkan paling lambat 16 Desember 2021, pukul 24.00 WIB dalam format Word dan PDF melalui email: [email protected] Peserta juga wajib melampirkan foto warna setengah badan.  

Berita Terkait

Berita Populer

Berita Terbaru

Lihat Semua