Mahasiswa Perlu Mengawal dan Mengawasi Kebijakan Publik
Terbaru

Mahasiswa Perlu Mengawal dan Mengawasi Kebijakan Publik

Salah satu karakter mahasiswa sebagai generasi muda adalah adanya dorongan untuk aktif sebagai pengawal dan pengawas kebijakan publik.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 2 Menit
Mahasiswa Perlu Mengawal dan Mengawasi Kebijakan Publik
Hukumonline

Mahasiswa sebagai agent of change dan social control merupakan salah satu peran mahasiswa dalam masyarakat. Antusiasme sebagai agent of change dan social control banyak diimplementasikan mahasiswa dalam orasi dan aksi di lapangan dalam menuntut kebijakan pemerintah.

Orasi dan aksi tersebut merupakan  pemantik agar mahasiswa terus berpartisipasi dalam kebijakan publik dan proaktif dalam menunjang dan mendukung kebijakan publik yang telah diundangkan oleh pemerintah.

Kebijakan publik adalah serangkaian tindakan yang dilakukan atau tidak dilakukan oleh pemerintah yang berorientasi pada tujuan tertentu guna memecahkan masalah-masalah publik atau demi kepentingan publik.

Baca Juga:

Dalam kebijakan publik perlu pengawasan yang merupakan proses untuk menetapkan pekerjaan apa yang dijalankan, dilaksanakan, atau diselenggarakan oleh pemerintah dengan apa yang dikehendaki, direncanakan, atau diperhatikan.

Pengawasan dasarnya diarahkan sepenuhnya untuk menghindari adanya kemungkinan penyelewengan atau penyimpangan atas tujuan yang akan dicapai. Melalui pengawasan diharapkan dapat membantu melaksanakan kebijakan yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan secara efisien dan efektif.

Roy V. Salomo selaku Fasilitator IIPG dan dosen di Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Indonesia menyatakan, ada satu langkah efektif untuk mengawasi dan memberikan masukan yang konstruktif dari masyarakat untuk kebijakan publik.

Tags:

Berita Terkait