Mau Kuliah Hukum 3,5 Tahun? Cek 2 Konsentrasi di STIH IBLAM
Terbaru

Mau Kuliah Hukum 3,5 Tahun? Cek 2 Konsentrasi di STIH IBLAM

Perkuliahan tersedia di kampus Jakarta dan Depok, Jawa Barat. Tidak menggunakan skripsi sebagai tugas akhir. Ada pilihan penerbitan artikel di jurnal ilmiah dan proyek independen untuk disajikan sebagai seminar publik.

Oleh:
Normand Edwin Elnizar
Bacaan 3 Menit
Kampus STIH IBLAM. Foto: iblam.ac.id
Kampus STIH IBLAM. Foto: iblam.ac.id

Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) IBLAM sudah lama dikenal dalam dunia pendidikan tinggi hukum Indonesia. Kampus hukum ini termasuk pionir dalam program kelas pekerja dengan jadwal kuliah sore sampai malam. STIH IBLAM telah membantu banyak pegawai kantoran yang ingin meningkatkan jenjang pendidikan tinggi di tengah kesibukan bekerja.

STIH IBLAM telah meluluskan banyak alumni yang berkiprah di lembaga-lembaga penegak hukum Indonesia. Sebut saja nama Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi 2015-2019 Basaria Panjaitan yang sebelumnya polisi dan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi 2011-2015 Zulkarnain yang sebelumnya jaksa.

“Kami punya 2 konsentrasi yaitu bisnis dan pidana. Perkuliahan dilakukan di kampus Jakarta dan Depok,” kata Gunawan Nachrawi, Ketua STIH IBLAM kepada Hukumonline. STIH IBLAM bernama Institute of Business Law and Management saat memulai perjalanannya 29 tahun lalu.

Selanjutnya kampus ini berganti nama dan fokus pada pendidikan tinggi hukum. Kampus hukum yang lahir pada 12 Juli 1993 ini telah banyak menghasilkan lulusan pada jenjang sarjana dan magister yang diselenggarakan.

Baca juga artikel terkait seputar mahasiswa hukum, silakan klik artikel Klinik berikut ini: Pengertian Hukum dan Unsur-unsur Hukum

Sebut saja dua nama tokoh hukum nasional yang pernah memimpin lembaga kekuasaan kehakiman. Misalnya Ketua Mahkamah Agung 2012-2020, Hatta Ali dan Ketua Mahkamah Konstitusi menjabat Anwar Usman. Dua hakim karier dengan karier cemerlang ini adalah alumni program magister STIH IBLAM. Sekretaris Mahkamah Agung yang saat ini menjabat, yang belum lama ini dikukuhkan sebagai Guru Besar Ilmu Peradilan Ekonomi Islam Universitas Lampung, Hasbi Hasan juga alumni program magister STIH IBLAM.

Baca Juga:

Tags:

Berita Terkait