Melihat Deretan Law Firm Terbanyak Miliki Partner Wanita 2022
Top 100 Indonesian Law Firms 2022

Melihat Deretan Law Firm Terbanyak Miliki Partner Wanita 2022

Mochtar Karuwin Komar menduduki peringkat pertama sebagai kantor hukum yang memiliki Partner wanita terbanyak dengan jumlah 10 Partner Wanita dari total 13 Partner yang ada.

Oleh:
Ferinda K Fachri
Bacaan 2 Menit
Ilustrasi
Ilustrasi

Jumlah responden dalam Survei Kantor Hukum Indonesia Tahun 2022 (Top 100 Indonesian Law Firms 2022) sebanyak 167 kantor hukum dan mengalami peningkatan sebesar 18,44% di bandingkan tahun 2021. Ada kategori baru dari 11 kategori survei tahun ini, salah satunya kategori kantor hukum dengan Partner wanita terbanyak atau “Law Firm with Most Female Partners 2022”. Tahun-tahun sebelumnya survei kantor hukum hanya fokus pada kantor hukum lingkup litigasi dan non-litigasi.

Kategori Law Firm with Most Female Partners 2022 ini sengaja secara khusus dihadirkan perdana pada Survei Kantor Hukum Indonesia Tahun 2022 guna menelisik keterlibatan wanita dalam kantor hukum di Indonesia. Berdasarkan hasil survei dan analisis yang dilakukan Hukumonline, dijumpai 13 kantor hukum di Indonesia yang masuk dalam nominasi.

Kantor Hukum Mochtar Karuwin Komar (MKK) yang telah berdiri sejak tahun 1971 menduduki peringkat pertama sebagai kantor hukum yang memiliki Partner wanita terbanyak dari 167 kantor hukum Indonesia yang mengikuti survei. Terdapat 10 Partner Wanita dari total 13 Partner yang ada di kantor hukum ini. Dengan kata lain, sebesar 76,92% Partner di MKK adalah wanita.

“Semoga penganugerahan ini dapat mendorong lawyer-lawyer wanita agar bisa lebih maju dan profesional dalam melakukan pekerjaannya,” ujar Partner MKK Miranti Malikus-Ramadhani yang menjadi perwakilan dari kantor hukum MKK dalam ajang Hukumonline’s Top 100 Indonesian Law Firms 2022 Awards Night di JS Luwansa Hotel Jakarta, Selasa (23/8/2022) malam.

Selanjutnya pada posisi kedua diduduki oleh dua law firm yakni Assegaf Hamzah & Partner (AHP) dengan 8 Partner Wanita dari total 30 Partner-nya dan ABNR Counsellors at Law yang juga miliki 8 Partner Wanita dari 25 Partner di kantor hukumnya. Peringkat ketiga diperoleh Roosdiono & Partners (a Member of ZICO Law) yang mempunyai 7 Partner wanita dari 12 Partner yang ada di kantor hukumnya.

Adapun posisi keempat dan kelima masing-masing diduduki oleh lebih dari dua kantor hukum. Sebab, terdapat beberapa kantor hukum itu memiliki jumlah angka Partner wanita yang sama. Misalnya, untuk peringkat keempat dengan 5 Partner wanita diperoleh SSEK Indonesian Legal Consultants, Makarim & Taira S., dan Hiswara Bunjamin & Tandjung in association with Herbert Smith Freehills.

Sedangkan posisi kelima, kantor hukum yang memiliki 4 Partner Wanita, antara lain HHP Law Firm, Hanafiah Ponggawa & Partners (Dentons HPRP), Soemadipradja & Taher, William Hendrik & Siregar Djojonegoro, Hutabarat Halim & Rekan (HHR Lawyers), serta Law Firm ROMIHABIE & Partners.

Daftar Lengkap Law Firm with Most Female Partners 2022

Tags:

Berita Terkait