Menebar Manfaat, Menjadi Inspirasi Bagi Sesama
Terbaru

Menebar Manfaat, Menjadi Inspirasi Bagi Sesama

Hukumonline mengajak Anda semua untuk mengikuti gerakan #AksiPeduliProbono sebagai bagian dari rangkaian gelaran Indonesia Pro Bono Awards 2021

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 2 Menit
Ilustrasi Hukumonline
Ilustrasi Hukumonline

Gelaran Indonesia Pro Bono Awards 2021 kembali hadir! Hukumonline secara konsisten menggelar survei yang bertujuan untuk mengetahui secara lebih akurat sejauh mana kultur pro bono telah diterapkan oleh kantor-kantor hukum di Indonesia. Penghargaan ini diselenggarakan Hukumonline sebagai bentuk apresiasi kepada para advokat dan firma hukum yang telah berdedikasi dalam menjalankan kewajiban pro bono.

Namun, tak hanya firma hukum maupun advokat, Anda juga dapat turut aktif menjadi bagian dalam kegiatan ini dan menginspirasi banyak orang. Hukumonline mengajak Anda semua untuk mengikuti pergerakan #AksiPeduliProbono sebagai bagian dari rangkaian gelaran Indonesia Pro Bono Awards 2021. Perbuatan baik yang Anda buat bisa dimulai dari hal yang kecil namun berdampak besar bagi orang lain, berikut contoh beberapa aksi baik ini yang bisa menginspirasi Anda :

1. Donasi buku

Untuk mendonasikan buku, Anda tidak harus bingung untuk memulainya. Anda dapat pergi ke taman kota atau area publik menggunakan sepeda, sambil membawa buku untuk berbagi dengan orang yang hadir. Namun, jangan lupa untuk terus menerapkan protokol kesehatan ya, seperti menggunakan masker dan menjaga jarak.

Hukumonline.com

2. Berbagi Makanan

Aksi selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah berbagi makanan. Anda dapat melakukannya saat selesai salat jumat, Anda dapat membagikan kudapan di halaman mesjid. Selain memberikan makanan di area publik, Anda juga dapat berbagi dengan ‘pahlawan’ yang berjasa bagi kehidupan Anda sehari-hari, misalnya supir transportasi online yang mengantarkan Anda mengarungi kemacetan, office boy kantor hingga petugas kebersihan yang ada di jalan.

Hukumonline.com

3. Membuang sampah pada tempatnya

Hal sederhana yang terkadang terlupakan, yaitu membuang sampah pada tempatnya. Aksi Anda tidak membuang sampah sembarangan itu termasuk kegiatan yang bisa menumbuhkan kesadaran diri kita untuk terus berbuat baik bagi lingkungan.

Hukumonline.com

4. Menanam pohon di sekitar pekarangan rumah

Hal ini menjadi perbuatan baik terhadap lingkungan dan membuat lingkungan di sekitar rumah Anda menjadi asri.

Hukumonline.com

5. Memberikan ekstra tip untuk driver transportasi online

Seberapa sering Anda memesan makanan atau menggunakan jasa supir transportasi online? Aksi berbuat baik satu ini akan sangat berguna bagi mereka. Anda bisa memesankan satu porsi lebih untuk diberikan kepada mereka yang bertugas, atau bisa memanfaatkan fitur rating dan tip yang ada di dalam aplikasi, langkah kecil Anda berdampak bagi mereka.

Halaman Selanjutnya:
Tags: