Mengenal Sidang Pledoi dalam Hukum Pidana
Terbaru

Mengenal Sidang Pledoi dalam Hukum Pidana

Dalam rangka pembelaan, sidang pledoi menjadi hal yang paling penting bagi terdakwa. Pledoi dilakukan untuk menolak, menyanggah, dan melakukan perlawanan di muka persidangan yang tidak dapat dihilangkan oleh siapapun dengan alasan apapun.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 2 Menit
Mengenal Sidang Pledoi dalam Hukum Pidana
Hukumonline

Sidang pledoi merupakan istilah yang ada di dalam tahapan persidangan perkara pidana. Pembacaan pledoi dapat dilakukan oleh terdakwa atau oleh penasihat hukum setelah Jaksa Penuntut Umum (JPU) membacakan tuntutan pidana.

Setelah JPU selesai membacakan surat tuntutannya, maka terdakwa atau penasihat hukumnya diberi giliran untuk mengajukan pledoi. Sidang pledoi atau pembelaan diri bertujuan untuk memperoleh putusan hakim yang membebaskan terdakwa dari segala dakwaan atau melepaskan terdakwa dari segala tuntutan hukum atau setidaknya mendapatkan hukum ringan.

Pengajuan tuntutan pidana dan pembelaan, baru dapat dilakukan setelah Hakim ketua sidang menyatakan bahwa pemeriksaan perkara telah dilaksanakan. Penuntutan dan pembelaan adalah tahap lanjutan setelah pemeriksaan terhadap perkara dianggap selesai oleh Hakim.

Baca Juga:

Dasar hukum pledoi tertuang dalam Pasal 182 ayat (1) huruf b UU No. 8 Tahun 1981 tentang KUHAP, yang menyatakan bahwa:

1.  Setelah pemeriksaan dinyatakan selesai, JPU mengajukan tuntutan pidana.

2. Terdakwa dan penasihat hukum dapat mengajukan pembelaan yang dapat dijawab oleh penuntut umum dengan ketentuan bahwa terdakwa atau penasihat hukum selalu mendapat giliran terakhir.

3. Tuntutan, pembelaan dan jawaban atas pembelaan dilakukan secara tertulis dan setelah dibacakan segera diserahkan kepada hakim ketua sidang dan tuntutannya kepada pihak yang berkepentingan.

Tags:

Berita Terkait