Berita

Mengintip Visi-Misi Palmer Situmorang Dkk untuk Kepengurusan AAI 2021-2026

Denny Kailimang berharap Munas AAI VI pada bulan Juni 2021 mendatang berjalan dengan baik seraya mengingatkan jangan sampai ada gontok-gontokan, laksanakan Munas dengan fair, jangan ada politik uang, harus lebih transparan dan terbuka.

Oleh:
Aida Mardatillah
Bacaan 4 Menit
Deklarasi Palmer Situmorang (tengah) sebagai Caketum AAI periode 2021-2026. Palmer menggandeng Efran Helmi Juni dan Hendri Donal (PHD) sebagai Calon Wakil Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal AAI. Foto: Aida
Deklarasi Palmer Situmorang (tengah) sebagai Caketum AAI periode 2021-2026. Palmer menggandeng Efran Helmi Juni dan Hendri Donal (PHD) sebagai Calon Wakil Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal AAI. Foto: Aida

Setelah Muhammad Ismak dkk mendeklarasikan Calon Ketua Umum Asosiasi Advokat Indonesia (Caketum AAI), giliran Palmer Situmorang mendeklarasikan sebagai Calon Ketua Umum periode 2021-2026 belum lama ini. Palmer menggandeng Efran Helmi Juni dan Hendri Donal (PHD) sebagai Calon Wakil Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal AAI.

Hingga saat ini sudah dua Caketum AAI yakni Muhammad Ismak dan Palmer Situmorang. Rencananya, AAI bakal menggelar Musyawarah Nasional (Munas) VI pada 25-27 Juni 2021 mendatang di Bandung. Agenda utama Munas lima tahunan ini bakal digelar pemilihan Ketua Umum AAI periode 2021-2026 sekaligus mengubah anggaran dasar AAI bila diperlukan.      

Calon Ketua Umum AAI, Palmer Situmorang menyampaikan alasan pencalonannya karena keterpanggilan. “Saya sudah berada di puncak karir sebagai advokat, sudah saatnya saya mengabdi untuk organisasi advokat. Saya ingin membuat AAI memiliki hubungan emosional lebih erat lagi. Dengan mengajak Efran sebagai Wakil Ketua dan Hendri sebagai Sekretaris Jenderal. Bersatu Teguh untuk Kejayaan AAI,” ujar Palmer saat Deklarasi Caketum AAI di Bandung yang dikutip dari laman Youtube Jayalah AAI, Selasa (20/4/2021).

“Saya mengajak Efran dan Hendri tentu didahului dengan sowan dengan beberapa pihak. Karena perlu untuk silaturahmi dan meminta izin kepada teman sejawat, senior, dan pihak terkait lain. Pencalonan ini diberi nama PHD (Palmer, Helmi, Donal),” kata dia. (Baca Juga: Ismak, Ranto, Wenda Deklarasi untuk Kepengurusan AAI 2021-2026)

Dalam kesempatan ini, dia menyampaikan visinya yakni menjaga marwah dan kehormatan AAI sebagai organisasi advokat yang kuat, berwibawa, dan disegani; membangun keutuhan dan solidaritas AAI; meningkatkan kualitas sumber daya manusia AAI melalui berbagai kegiatan berkesinambungan; menjadikan AAI sebagai organisasi kritis terhadap penegakan hukum dan sosial serta mendorong kesetaraan dengan penegak hukum lain.

Sedangkan misi yang diusung Palmer dkk yakni menghidupkan kembali cabang-cabang AAI yang nonaktif, serta membangun database AAI; memberdayakan seluruh cabang-cabang AAI untuk memiliki Posbakum; membangun sistem rekrutmen advokat melalui penyelenggaraan pendidikan profesi advokat yang profesional dan berkualitas; bekerja sama dengan organisasi advokat lain, pemerintah, DPR, untuk membuat wadah tunggal Dewan Kehormatan Advokat permanen melalui proses legislasi.

Calon Sekretaris Jenderal AAI, Hendri Donal mengatakan ketika ditawari menjadi calon sekretaris jenderal AAI oleh Palmer, dirinya mau menerima karena merasa tahu sendiri kondisi organisasi AAI di setiap daerah. Ada cabang-cabang AAI sudah tidak aktif lagi dan sedikit cabang yang hadir mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilakukan DPP AAI. “Maka dari itu, saya bersedia bahu-membahu kembali membesarkan AAI untuk kepentingan AAI,” kata Hendri dalam kesempatan yang sama.  

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait