Menilik Potret Gaji Profesional Hukum 2023, Ini Hasilnya!
Utama

Menilik Potret Gaji Profesional Hukum 2023, Ini Hasilnya!

Survei ini menjangkau mulai dari pengacara yang berpraktik sendiri hingga direktur legal di dalam perusahaan dan dari associate hingga partner dalam firma hukum yang dibagi menjadi 2 berafiliasi dengan firma hukum internasional atau firma hukum lokal.

Oleh:
Mochamad Januar Rizki
Bacaan 3 Menit
Menilik Potret Gaji Profesional Hukum 2023, Ini Hasilnya!
Hukumonline

Perusahaan perekrutan tenaga kerja profesional global, Robert Walters mengeluarkan survei gaji atau salary survey 2023 pada profesi-profesi yang terdapat pada masyarakat saat ini, termasuk profesi hukum. Senior Recruitment Consultant for Legal and Government Relations Robert Walters Indonesia, Albertus Pratama menerangkan Robert Walters meluncurkan salary survey sebagai sebuah panduan komprehensif tentang gaji untuk ratusan jenis pekerjaan di 31 negara, termasuk Indonesia setiap tahun.

“Selama lebih dari 20 tahun, pemberi kerja dan pekerja profesional sama-sama mengandalkan Salary Survey-nya Robert Walters untuk membantu mereka membuat keputusan penting untuk bisnis dan karier mereka,” ungkap Albert saat dikonfirmasi Hukumonline, Selasa (10/1).

Dia menjelaskan salary survey digital ini dikemas dengan alat dan sumber daya yang bermanfaat untuk manajer perekrutan dan pencari kerja, termasuk tren dan analisis terbaru untuk industri kerja Indonesia, dengan pembaruan mengenai kondisi pasar dari para pakar di Robert Walters.

Baca Juga:

Sehubungan dengan profesi hukum, Albert menerangkan terdapat dua profesi hukum yang menjadi fokus utama dalam survei ini, yaitu pengacara in-house di dalam perusahaan dan pengacara yang bekerja di firma hukum. Survei ini juga menambahkan profesi di bidang kebijakan publik atau hubungan pemerintah.

“Sedangkan untuk profesi hukum, saya telah menjangkau mulai dari pengacara yang berpraktik sendiri hingga direktur legal di dalam perusahaan dan dari associate hingga partner dalam firma hukum yang dibagi menjadi 2 berafiliasi dengan firma hukum internasional atau firma hukum lokal,” jelas Albert.

Sehubungan dengan metode survei, Robert Walters mensurvei 227 kandidat dan 63 perusahaan di Indonesia pada bulan September 2022 untuk mendapatkan tanggapan tentang harapan atau kekhawatiran utama mereka untuk tahun mendatang (2023) sehubungan dengan gaji, perubahan karier, atau strategi mempertahankan pekerja.

Tags:

Berita Terkait