Menkeu Soroti Peran Fundamental Akuntan Jaga Trust and Compliance
Terbaru

Menkeu Soroti Peran Fundamental Akuntan Jaga Trust and Compliance

Para akuntan diharap mampu untuk membaca perubahan serta merespons secara akurat dan kredibel sesuai dengan standar akuntansi.

Oleh:
Mochamad Januar Rizki
Bacaan 2 Menit
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati.
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati.

Menteri Keuanagn (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa profesi akuntan adalah profesi yang memiliki peran sangat penting dan fundamental di dalam mendukung dan membangun peradaban dan kemajuan. Menurutnya, melalui keberadaaan akuntan membuat masyarakat dari suatu peradaban menjadi lebih terorganisir, teratur, rapi, dan terdokumentasi secara baik.

“Itu adalah fondasi yang luar biasa yang diciptakan oleh profesi akuntan. Anda dalam hal ini adalah kebanggaan,” ungkap Sri Mulyani pada pembukaan rangkaian Kongres Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) ke XIV di Balai Sidang Senayan, Jakarta, Selasa (13/12).

Pada kesempatan itu, Menkeu juga meyampaikan bahwa untuk menghadapi berbagai guncangan dan tantangan global seperti saat ini, memaksa semua pihak untuk melakukan berbagai langkah luar biasa. Meski begitu harus tetap menjaga kepercayaan dan kepatuhan di dalamnya.

Baca Juga:

Dalam hal ini, Menkeu mengapresiasi Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) yang telah turut serta berpartisipasi dan menyukseskan Presidensi G20 Indonesia melalui keanggotaannya pada Task Force Integrity & Compliance (TFIC).

Trust dan compliance penting, tetapi tidak boleh menjadi penghalang untuk kita semua menghadapi masalah masyarakat dan perekonomian,” ungkapnya.

Untuk itu, Menkeu berharap para akuntan mampu untuk membaca perubahan serta merespons secara akurat dan kredibel sesuai dengan standar akuntansi, yaitu pengambilan keputusan yang tidak hanya di tentukan oleh angka, namun juga cerita dibalik angka dengan menggunakan etika, kualitas, kemampuan dan komitemen terhadap integritas berbasis environmental, social dan governance.

Tags:

Berita Terkait