Menuju Ajang Penganugerahan Indonesia Regulatory Compliance Awards 2024
IRCA 2024

Menuju Ajang Penganugerahan Indonesia Regulatory Compliance Awards 2024

Ajang penghargaan IRCA 2024 bakal dihelat di Hotel Mulia Jakarta pada Jum'at 31 Mei 2024 malam.

Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Menuju Ajang Penganugerahan Indonesia Regulatory Compliance Awards 2024
Hukumonline

Untuk pertama kalinya, Hukumonline bakal segera menggelar ajang penganugerahan penghargaan dalam praktik kepatuhan hukum perusahaan di Indonesia pada Jum'at 31 Mei 2024 di Hotel Mulia Jakarta. Inovasi ini diwujudkan dalam bentuk Indonesia Regulatory Compliance Awards (IRCA) 2024 sebagai medium pemeringkatan perusahaan tentang strategi kepatuhan hukum terhadap peraturan perundang-undangan di Indonesia.

“Indonesia Regulatory Compliance Awards adalah event penghargaan yang diberikan oleh Hukumonline kepada perusahaan dalam konteks kepatuhan hukum yang berlaku di Indonesia. Konteks kepatuhan hukum ini tidak terkait seberapa patuh perusahaan atas kewajiban hukumnya, tetapi lebih kepada strategi, komitmen, inovasi, dan sebagainya,” ujar Research & Awards Manager Hukumonline Katon Baskoro, Rabu (22/5/2024).

Baca Juga:

Katon melanjutkan pemeringkatan dilakukan dalam bentuk klasifikasi perusahaan berdasarkan pada karakteristiknya masing-masing. Karakteristik perusahaan ditunjukkan melalui sektor industri, kompleksitas bisnis, dan tingkat regulasi perusahaan.

Pemeringkatan menggunakan data primer yang diberikan secara langsung oleh perusahaan dalam bentuk deskripsi mengenai tiga parameter. Pertama, strategi kepatuhan yang diimplementasikan oleh perusahaan. Kedua, performa manajemen atau pengelolaan organisasi oleh pemimpin dalam rangka menjalankan kewajiban kepatuhan hukum. Ketiga, kontrol kepatuhan hukum oleh perusahaan induk terhadap anak perusahaan.

“Pemeringkatan ditentukan oleh penilaian dari dewan juri mengenai tiga topik besar tersebut,” ujar Katon.

Terdapat 4 kategori penghargaan yang semuanya dinilai oleh dewan juri. Pertama, penghargaan untuk Company/Perusahaan yang mengklasifikasi perusahaan berdasarkan sejumlah indikator seperti sektor industri dan terbagi dalam 4 kelompok hierarki (Sapphire, Diamond, Gold, dan Silver). Kedua, penghargaan untuk Leader. Ketiga, penghargaan untuk Holding Company. Keempat, penghargaan untuk Leader of The Year in Regulatory in Regulatory Compliance.

Tags:

Berita Terkait