Berita

Merek Special Slimming Tea Dihapuskan

Merek Special Slimming Tea diputuskan dihapus dari daftar merek. Etiket merek produk PT Phyto itu dinilai tidak sesuai antara sertifikat merek dengan produk yang dipasarkan.

Oleh:
Mon
Bacaan 2 Menit
Merek <i>Special Slimming Tea</i> Dihapuskan
Hukumonline

 

Etiket itu tidak sesuai dengan etiket dalam sertifikat merek Special Slimming Tea sendiri. Merek itu terdaftar terdaftar pada 7 Januari 2008 dengan No. IDM000151837 di kelas lima. Dalam sertifikat diteragkan bahwa kemasan berwarna hitam dan putih, tidak terdapat lukisan cangkir dan daun, serta tidak ada kata PT Phyto.

 

Terbukti menurut hukum bahwa tergugat I (PT Phyto) memakai merek yang tidak sesuai dengan merek yang terdaftar, kata Maryana saat membacakan putusan. Padahal PT Phyto telah mendapat persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk mengedarkan minuman untuk minuman diet dan mempertahankan kelangsungan tubuh.

 

Kesamaan etiket itu juga membuktikan bahwa merek Slimming Tea dan Special Slliming Tea memiliki persamaan pada pokoknya. Mustika Ratu terbukti sebagai pendaftar pertama dan merek Slimming Tea beberapa kali mendapat penghargaan sebagai merek terbaik. Untuk mencapai ketenaran mereknya, Mustika Ratu telah menginvestasikan biaya untuk promosi sehingga mereknya dikenak dan diterima masyarakat.

 

Kemunculan merek PT Phyto, kata hakim, berpotensi menyesatkan konsumen. Masyarakat bisa mengira produk PT Phyto berasal dari Mustika Ratu. Sebelumnya, Mustika Ratu berkali-kali mengingatkan PT Phyto agar mengganti kemasan produknya. Namun PT Phyto baru menanggapi saat gugatan bergulir di persidangan. Tergugat I terbukt beritikad tidak baik dalam mengeluarkan produknya sehingga dapat menyesatkan konsumen dan merugikan penggugat (Mustika Ratu), imbuh Maryana.

 

Sebelumnya, dalam gugatannya, Mustika Ratu juga menyatakan produk PT Phyto di pasaran tidak sama dengan sertifikat mereknya. Merek PT Phyto dan Mustika Ratu juga dinilai memiliki kesamaan. Gugatan teregister dalam nomor perkara 31/Merek/2009/PN.Niaga JKT.PST.

 

Sementara, PT Phyto dalam tanggapannya membantah gugatan Mustika Ratu. Dalam jawaban produsen alat-alat kecantikan itu dijelaskan bahwa Slimming Tea bukanlah merek, melainkan keterangan atas baran. Yakni jamu celup pelangsing, yang menjadi merek adalah Mustika Ratu. Merek Mustika Ratu dan PT Phyto memiliki pembeda. Merek PT Phyto adalah Special Slimming Tea dengan logo spesial slimming tea.

Surat Direktur Merek Ditjen Hak Kekayaan Intelektual (HKI) tak ampuh. Surat yang menyatakan bahwa Slimming Tea produksi PT Mustika Ratu bukan sebuah merek, ditampik majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Surat itu diajukan sebagai bukti oleh PT Phyto Kemo Agung Farma saat menghadapi gugatan pembatalan merek dari Mustika Ratu.

 

Majelis hakim berpendapat surat Direktur HKI bertentangan dengan sertifikat merek yang ditelurkan Ditjen HKI sendiri. Begitulah pertimbangan majelis hakim dalam putusan yang dibacakan, Senin (14/9) kemarin.

 

Dengan sertifikat No. 328942 dan 341391 itu Mustika Ratu justru sebagai pemilik merek Slimming Tea. Kedua sertifikat itu terdaftar di kelas lima. Sertifikat No. 341391 lahir pada 11 Agustus 1995. Merek itu kemudian diperpanjang sesuai sertifikat IDM 000074393 pada 9 Mei 2006 yang melindungi barang jamu celup pelangsing. Sedangkan sertifikat No. 328942 pada 6 Oktober 1993 untuk melindungi jenis jamu pelangsung. Merek itu kemudian diperpanjang dengan no. IDM 000100836 pada 5 Desember 2006.

 

Sebaliknya, majelis hakim yang diketuai Maryana menghapus merek PT Phyto, Special Slimming Tea. Ditjen HKI, selaku tergugat II, diperintahkan untuk melaksanakan penghapusan merek PT Phyto dari daftar Daftar Umum Merek dan mengumumkan dalam berita acara resmi merek bila putusan telah berkekuatan hukum tetap (inkracht).

 

Produk merek PT Phyto yang beredar di pasaran sama dengan etiket merek Mustika Ratu. Yakni, kesamaan warna yang sebagian besar berwarna hijau dengan lukisan daun. Di tengah kemasan terdapat tulisan Slimming Tea atau Special Slimming yang berwarna putih.

Halaman Selanjutnya:
Tags: