Muchtar Pakpahan Wafat, Yasonna: Semoga Semangatnya Berlanjut ke Generasi Muda
Berita

Muchtar Pakpahan Wafat, Yasonna: Semoga Semangatnya Berlanjut ke Generasi Muda

Muchtar Pakpahan adalah tokoh buruh Indonesia yang mendirikan serikat buruh independen pertama di Indonesia. Dia juga aktif sebagai pengacara.

Oleh:
M. Agus Yozami
Bacaan 4 Menit
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI Yasonna Laoly. Foto: RES
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI Yasonna Laoly. Foto: RES

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI Yasonna Laoly menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya Prof Muchtar Pakpahan yang merupakan dosen di sejumlah universitas di Tanah Air sekaligus sahabat dekatnya.

"Baru saja saya melayat ke Rumah Duka RSPAD. Saya sedih melihat teman seperjuangan saya sudah terbujur kaku," kata dia seperti dilansir Antara di Jakarta, Senin (22/3).

Bagi Yasonna, Prof Muchtar Pakpahan tidak hanya sebagai teman biasa yang dikenal sejak duduk di bangku kuliah. Namun, hubungan keduanya terbilang cukup erat karena pernah merasakan satu kosan sewaktu kuliah.

Bahkan, keduanya diketahui pernah membentuk lembaga bantuan hukum Universitas HKBP Nommensen dan bersama-sama pula membuka Kantor Hukum Partisipatio. "Tak terasa, air mata saya menetes mengenang masa lalu yang kami alami bersama," ujar dia.

Prof Muchtar Pakpahan meninggal dunia di Rumah Sakit Siloam, Semanggi pada Minggu (21/3/2021) malam. Ia adalah tokoh buruh Indonesia yang mendirikan serikat buruh independen pertama di Indonesia.

Yasonna diketahui bersahabat dengan Muchtar sejak menimba ilmu di Universitas Sumatera Utara dan juga sama-sama menjadi dosen di Fakultas Hukum kampus tersebut. "Selamat jalan Bung Muchtar, semoga api semangatmu memperjuangkan nasib buruh tetap menyala di kalangan generasi muda. Semoga keluarga yang ditinggalkan bisa pulih dari duka ini," kata Menkumham. (Baca: Terhalang Jadi Profesor, Muchtar Pakpahan Menang di PTUN)

Dikutip dari laman Wikipedia, Muchtar Bebas Pakpahan lahir pada 21 Desember 1953, di desa Bah Jambi, Tanah Jawa, Simalungun, sebagai putra dari Sutan Johan Pakpahan dan Victoria Silalahi. Muchtar merupakan pemimpin buruh Indonesia yang mendirikan serikat buruh independen pertama di Indonesia. Muchtar aktif sebagai Pengacara di Kantor Hukum Muchtar Pakpahan Associates dan mengajar di Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia (UKI).

Tags:

Berita Terkait