Oesman Sapta Minta Masyarakat Manfaatkan Ponsel Demi Perkuat Persatuan Bangsa
Pojok MPR-RI

Oesman Sapta Minta Masyarakat Manfaatkan Ponsel Demi Perkuat Persatuan Bangsa

Sebab ponsel merupakan  sarana yang  dapat  memudahkan pekerjaan, namun sekaligus juga bisa menjerumuskan.

Oleh:
RED
Bacaan 2 Menit
Foto: Humas MPR
Foto: Humas MPR

Tujuh ratus orang dari Himpunan Putra-Putri Keluarga Angkatan Darat (Hipakad), putra-putri Polisi, dan mahasiswa Universitas Kristen Indonesia, memenuhi Gedung Nusantara V, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Senin (3/12).  Mereka berada di gedung yang biasa digunakan Sidang Paripurna DPD untuk mengikuti Empat Pilar MPR.

 

Acara diinisiasi oleh Hipakad. Ketua Umum Hikapad, Hariara Tambunan mengatakan bekerja sama dengan MPR untuk menanamkan nilai-nilai luhur dan kebangsaan kepada para peserta. Diakui meski Indonesia sebagai rumah bersama di mana beragam suku, bahasa, dan agama hidup tersebar di ribuan pulau di bawah naungan Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika namun bangsa ini tidak lepas dari berbagai ancaman persatuan dan kesatuan. “Ancaman ini khususnya menyasar generasi muda. Untuk itulah Sosialisasi Empat Pilar menurutnya perlu dilakukan," ujarnya.

 

Dirinya mengharap nilai-nilai yang didapat harus diimplementasikan dalam keseharian. Dalam kesempatan tersebut, Hariara juga mengajak kepada peserta acara itu untuk memerangi hoax.

 

Wakil Ketua MPR Oesman Sapta mengapresiasi peserta sebab mereka mempunyai pandangan dan komitmen untuk menjaga ideologi bangsa dan negara. Bahkan harus diperkuat.  Apalagi di era berbagai  ideologi mudah tersebar ke seluruh  anak  bangsa melalui telepon seluler (ponsel).

 

Pria yang juga menjadi Ketua DPD itu menyebut ponsel merupakan  sarana yang dapat memudahkan pekerjaan, namun sekaligus juga bisa menjerumuskan. Dengan ponsel pengguna dapat berkomunikasi dengan siapa saja dan kapan saja. Pengguna dapat membaca berita dari mana saja, bahkan berbarengan dengan saat kejadian. Pengguna tidak hanya bisa membaca berita kiriman namun juga mampu menyebar berita atau informasi, entah itu fakta ataupun ilusi. Dari sinilah dua sisi manfaat ponsel terjadi. 

 

“Bisa menjadi penyebar kebaikan sekaligus  berpotensi  penebar kebohongan," ujarnya.

 

Pria asal Kalimantan Barat menegaskan agar ponsel dapat memperkuat persatuan melalui  jejaring  media sosial. Contohnya, kata Oesman Sapta, anggota Hipakad dapat memposting status benderaku  Merah Putih di media sosial.  Status yang diunggah oleh Hipakad bisa menjadi 'viral'. Status itu menurutnya akan menyadarkan bangsa ini bahwa Merah  Putih  harus terus berkibar di Negara  Kesatuan Republik Indonesia.

 

Sementara tantangan negatif penggunaan ponsel itulah yang menurut Oesman Sapta membuat MPR semakin yakin penguatan nilai-nilai kebangsaan mutlak untuk dilakukan. “Kami  tidak  ingin generasi  penerus  tidak mengenal dan mengerti  ideologi  bangsa dan negara”, paparnya. 

Tags:

Berita Terkait