Optimalisasi Advokat Persaingan Usaha Hingga Peran Lawyer Wanita bagi Firma Hukum
Terbaru

Optimalisasi Advokat Persaingan Usaha Hingga Peran Lawyer Wanita bagi Firma Hukum

INI dorong kesepahaman dengan penegak hukum dalam proses pidana, FH Universitas Pancasila terima penghargaan Top Indonesian Law Schools For Law Firm Leaders Ranking 2022, dan menyoal rangkap jabatan aparatur negara.

Oleh:
M. Agus Yozami
Bacaan 2 Menit
Optimalisasi Advokat Persaingan Usaha Hingga Peran Lawyer Wanita bagi Firma Hukum
Hukumonline

Dari tahun ke tahun, tak henti-hentinya Hukumonline dengan terus setia memberikan ragam informasi hukum berkualitas setiap harinya kepada masyarakat luas. Tentu, tiap artikel yang disajikan khususnya dalam bentuk pemberitaan bertujuan agar masyarakat lebih melek hukum.

Beragam isu disajikan secara lugas dengan bahasa yang mudah dipahami selalu menghiasi pemberitaan Hukumonline. Kali ini, Redaksi Hukumonline merangkum 5 artikel pilihan yang tayang pada Jumat (10/3). Yuk, kita simak artikelnya bersama-sama!

  1. MA Dukung Optimalisasi Peran Advokat dalam Dunia Persaingan Usaha

Indonesian Competition Lawyers Association (ICLA) atau Asosiasi Advokat Persaingan Usaha, pada Jumat (10/3) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang bertempat di Griya Patria, Jakarta Selatan. Perwakilan Mahkamah Agung, Hakim Agung Syamsul Maarif mengapresiasi Rakernas ICLA yang mengusung tema optimalisasi peran advokat karena saat ini memang para advokat harus didukung agar optimal kinerjanya khususnya di bidang persaingan usaha.

Baca Juga:

  1. Perlu Penguatan Kesepahaman Penegak Hukum dengan Ikatan Notaris dalam Proses Pidana

Angka perkara pidana yang melibatkan notaris semakin banyak. Sampai-sampai fenomena notaris yang tersangkut kasus pidana korupsi mengalami kenaikan tajam. Meski INI telah mempunyai MoU bersama Polri, disebutkan pihak Kejaksaan masih belum mempunyai MoU dengan INI. Keberadaan MoU diharapkan dapat menjadi pijakan kesamaan pandangan antara APH dengan kalangan notaris yang kerap terlibat dalam perkara pidana/korupsi.

  1. FH Universitas Pancasila Terima Plakat Top Law School For Law Firm 2022: Top 10 PTS

Fakultas Hukum Universitas Pancasila (FHUP) menerima secara simbolis plakat penghargaan Top Indonesian Law Schools For Law Firm Leaders Ranking 2022. FHUP meraih peringkat delapan dari Top 10 Kampus Hukum Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang menjadi almamater Partner kantor hukum ternama Indonesia. 

  1. Begini Peranan Lawyers Wanita bagi Firma Hukum

Hari Wanita Internasional atau International Women’s Day (IWD) jatuh pada 8 Maret 2023. Hari tersebut diperingati untuk aksi meningkatkan kesetaraan terhadap pemenuhan hak perempuan. Pada tahun 2023 ini, tema yang diusung ialah ‘Embrace Equity’ (Rangkullah Ekuitas/Keadilan). 

  1. Larangan Rangkap Jabatan Aparatur Negara

Praktik rangkap jabatan di pemerintahan sudah menjadi rahasia umum, kendatipun adanya larangan. Padahal tujuan larangan rangkap jabatan sebagai upaya agar negara memberikan jaminan pelayanan publik secara optimal dalam memenuhi hak dan kebutuhan dasarnya. Termasuk menghindari benturan kepentingan. Tapi, faktanya ada puluhan pejabat di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang diketahui rangkap jabatan di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Itulah 5 artikel pilihan Redaksi Hukumonline hari ini. Semoga highlight artikel hari ini dapat memberikan informasi tambahan bagi Anda. Simak beragam artikel lainnya dalam Berita Hukumonline. Selamat membaca!  

Tags:

Berita Terkait