Berita

Otto Hasibuan: Saya Tak Akan Calonkan Diri Lagi

Karena tidak diperkenankan oleh Anggaran Dasar.

Oleh:
KAR
Bacaan 2 Menit
Otto Hasibuan memberikan sambutan dalam acara Munas APSI. Foto: RES.
Otto Hasibuan memberikan sambutan dalam acara Munas APSI. Foto: RES.

Tahun 2015 sebulan lagi akan tiba. Salah satu agenda penting bagi kalangan advokat di tahun 2015 adalah Musyawarah Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI). Merujuk pada Anggaran Dasar (AD) yang diunggah pada laman www.peradi.or.id, Musyawarah Nasional (Munas) adalah lembaga pemegang kekuasaan tertinggi dalam PERADI.

“Iya, tahun 2015 kita akan menggelar Munas,” ujar Otto Hasibuan, Ketua Umum DPN PERADI, kepada hukumonline di sela-sela acara Munas Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI) di Jakarta, Kamis lalu (27/11).

Sejauh ini, kata Otto, DPN PERADI belum menentukan lokasi dan waktu penyelenggaraan Munas. Untuk diketahui, tahun 2010 silam, PERADI menggelar Munas perdana di Pontianak, Kalimantan Barat. Kala itu, Otto Hasibuan secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Umum DPN PERADI untuk kedua kalinya.

Pasal 25 AD menyebutkan bahwa Munas terdiri dari Munas Berkala dan Munas Luar Biasa. Diatur lebih lanjut dalam Pasal 28, Munas Berkala diselenggarakan setiap lima tahun paling lambat dalam bulan Juni dengan agenda penetapan dan atau perubahan AD; pertanggungjawaban DPN terkait kegiatan dan laporan keuangan; pemilihan dan pengesahan Ketua Umum DPN; hal lain yang dianggap perlu;

Dari sekian agenda yang disebutkan tadi, pemilihan ketua umum tentunya akan menjadi sentral perhatian. Terkait hal ini, Otto sebagai Ketua Umum saat ini menegaskan dirinya tidak akan maju dalam pemilihan ketua umum periode 2015-2020. Alasannya, ketentuan AD tidak memperkenankan seorang ketua umum menjabat tiga periode.

“Oh, enggak. Enggak boleh lagi dong (menjadi ketua umum untuk ketiga kalinya, red),” kata advokat senior yang belum lama meraih gelar Profesor Kehormatan dari Universitas Jayabaya itu.

Lantara tidak akan maju dalam pemilihan, Otto menyatakan siap memberikan dukungan untuk calon ketua umum yang lain. Hanya saja, Otto belum mau menyebutkan siapa calon ketua umum yang akan dia didukung. Sejauh ini, memang belum beredar bursa calon Ketua Umum DPN PERADI.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait