Pagelaran Wayang Sunda, Cepot Ikut Mensosialisasikan Empat Pilar
Pojok MPR-RI

Pagelaran Wayang Sunda, Cepot Ikut Mensosialisasikan Empat Pilar

Juga memberdayakan budaya bangsa.

Oleh:
RED
Bacaan 2 Menit
Foto: Humas MPR
Foto: Humas MPR

Lapangan Pasar Ciampea, Desa Benteng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (8/12) terlihat ramai dan meriah. Ratusan masyarakat mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua memenuhi lapangan yang sore itu diguyur hujan.

 

Masyarakat ingin menghabiskan malam di akhir pekan  dengan menikmati pagelaran wayang golek atau wayang sunda. Wayang golek yang popular dengan tokoh Cepot, malam itu melakonkan kisah 'Sasrajingga Ngadeg Raja'. Pagelaran itu sendiri digelar dalam rangka Sosialisasi Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika atau Empat Pilar MPR.

 

Sebagai kegiatan yang digelar oleh MPR, hadir dalam acara itu anggota MPR dari Fraksi Demokrat Anton S. Suratto, Kabiro Humas Setjen MPR Siti Fauziah,  Kepala Bagian Pemberitaan, Hubungan Antar Lembaga dan Layanan Informasi Biro Humas Setjen MPR Muhammad Jaya. Sedang dari pihak tuan rumah hadir Kapolsek Gunung Putri, Danramil Ciampea, Camat Ciampea, dan Kepala Desa Benteng.

 

Kepada masyarakat, Anton menuturkan dirinya hadir di Ciampea untuk menyampaikan Sosialisasi Empat Pilar. Sosialisasi itu menurutnya dilakukan dengan beragam metode. Menurutnya di antara metode itu adalah lewat pagelaran seni budaya. Disebut pagelaran seni budaya yang pernah digunakan untuk sosialisasi adalah wayang kulit, ludruk, reog, wayang golek, dan seni budaya lainnya. "Selain sosialisasi, kita ingin memberdayakan budaya bangsa," katanya.

 

Siti Fauziah dalam sambutan sebelumnya mengatakan, pagelaran seni budaya wayang golek diharapkan dapat menghibur masyarakat. Di Ciampea diakui masih banyak yang menggemari wayang golek. "Untuk itulah MPR mensosialisasikan Empat Pilar lewat pentas ini", tuturnya. 

 

Menurut perempuan yang akrab dipanggil Bu Titik, pentas wayang golek selain digelar sebagai media untuk sosialisasi juga sebagai upaya MPR ikut melestarikan kesenian daerah agar tetap hidup di tengah masyarakat. Dipaparkan, sosialisasi lewat pentas seni budaya digelar sesuai dengan budaya setempat. Dicontohkan, di Riau, Sumatera, lewat puisi, pantun, dan gurindam. "Untuk masyarakat Ciampea kita gunakan wayang golek," ujarnya.

 

Menggunakan pentas seni budaya untuk sosialisasi menurutnya karena banyak tuntunan, filosofi, pesan, dan ajakan kebaikan dalam kehidupan dari masyarakat lokal atau adat. Pagelaran wayang golek itu sangat istimewa sebab dibawakan dua dalang, yakni Ujang Bukhari dan Ogi S Permana. Ogi sendiri adalah anak Ujang. 

Tags:

Berita Terkait