Pemerintah Siapkan Paket Kebijakan Besar Tangani Ekonomi
Berita

Pemerintah Siapkan Paket Kebijakan Besar Tangani Ekonomi

Kebijakan tersebut menyangkut sektor riil, keuangan, deregulasi, kebijakan baru dan tax holiday.

Oleh:
RED/ANT
Bacaan 2 Menit
Menko Perekonomian Darmin Nasution. Foto: Sgp
Menko Perekonomian Darmin Nasution. Foto: Sgp

[Versi Bahasa Inggris]

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara mendadak memanggil sejumlah menteri ekonomi, ke Istana Kepresidenan. Para menteri yang dipanggil tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Darmin Nasution Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri ESDM Sudirman Said, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Menko Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan, dalam pertemuan tersebut bahwa Presiden Jokowi menyampaikan banyak hal. Tapi sayangnya, Presiden Jokowi belum bisa menyampaikannya semua saat ini.

“Kita diminta Presiden menyiapkan satu paket kebijakan yang besar untuk menjawab situasi sekarang,” kata Darmin kepada wartawan seusai pertemuan sebagaimana dirilis dari laman resmi Setkab, Kamis (27/8).

Menurut Darmin, Presiden Jokowi meminta dan sudah merinci satu paket kebijakan besar yang sudah selesai dalam satu minggu ke depan. Namun, tidak harus seluruh kebijakan sudah siap, paling tidak sebagian besar dari paket kebijakan tersebut sudah bisa direalisasikan.

Paket kebijakan besar itu, menurut Darmin, menyangkut sektor riil, keuangan, deregulasi, kebijakan baru, tax holiday. Namun sayangnya, ia tidak bisa memastikan berapa banyak kebijakan yang akan dikeluarkan pemerintah untuk menangani persoalan perekonomian Indonesia saat ini.

“Bisa banyak, saya belum hitung betul karena (saat pertemuan dengan Presiden) sibuk mencatat,” jelas Darmin.

Ia mengatakan, tujuan diterbitkannya paket kebijakan besar itu untuk memperlancar kegiatan ekonomi. Selain itu, kebijakan tersebut juga diharapkan dapat mendorong masuknya valuta asing dari luar.

Tags:

Berita Terkait