Pendaftaran Citayam Fashion Week Dikritik Hingga Kandidat Pengganti Lili Pintauli
Terbaru

Pendaftaran Citayam Fashion Week Dikritik Hingga Kandidat Pengganti Lili Pintauli

OJK bakal kaji kelayakan HKI jaminan kredit di bank, semester I 2022 KY rekomendasi sanksi berat, penerapan pidana penjara bagi wanita hamil di Indonesia turut dibahas Hukumonline.

Oleh:
Agus Sahbani
Bacaan 3 Menit
Suasana Citayam Fashion Week di zebra cross kawasan Jalan Jenderal Sudirman Jakarta. Foto: humas.polri.go.id
Suasana Citayam Fashion Week di zebra cross kawasan Jalan Jenderal Sudirman Jakarta. Foto: humas.polri.go.id

Redaksi Hukumonline menayangkan sejumlah artikel terkait isu hukum setiap harinya. Beragam isu hukum disajikan secara lugas dengan bahasa yang mudah dipahami selalu menghiasi pemberitaan Hukumonline. Untuk Senin (25/7/2022), Redaksi Hukumonline memilih 5 artikel pilihan yang layak untuk dibaca mulai pendaftaran merek Citayam Fashion Week dikritik hingga sejumlah kandidat pengganti Lili Pintauli Siregar sebagai wakil ketua KPK. Yuk, kita simak ringkasannya!

  1. Dekan FH Esa Unggul: Pendaftaran Merek Citayam Fashion Week Beriktikad Tidak Baik

Ramainya fenomena Citayam Fashion Week (CFW) berimbas pada pendaftaran hak merek oleh dua perusahaan hiburan di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (DJKI Kemenkumham). Dua entitas perusahaan hiburan yang dimaksud adalah PT Tiger Wong Entertainment dan Indigo Aditya Nugroho yang kemudian menuai kritik dari sejumlah pihak.   Salah satunya, Dekan Fakultas Hukum Universitas Esa Unggul (FH Esa Unggul) Freddy Haris. Simak selengkapnya dalam artikel ini!     

  1. OJK Kaji Kelayakan HKI Sebagai Jaminan Kredit ke Bank

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mulai merespons terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2022 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2019 tentang Ekonomi Kreatif. Salah satu aspek yang diatur dalam PP ini adalah membuka skema pembiayaan berbasis kekayaan intelektual. Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae, menyampaikan bahwa hal tersebut masih dalam kajian OJK khususnya terkait masalah valuasi, ketersediaan secondary market, appraisal untuk likuidasi HKI, dan infrastruktur hukum eksekusi HKI. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

  1. Semester I 2022, KY Rekomendasi 3 Hakim Dijatuhi Sanksi Berat

Selama semester pertama tahun 2022, Komisi Yudisial (KY) telah mengusulkan 11 orang hakim dijatuhi sanksi karena terbuktinya melanggar Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH). Rinciannya, 7 orang dijatuhi sanksi ringan; 1 orang dijatuhi sanksi sedang; dan 3 dijatuhi sanksi berat. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

  1. Belajar dari Film Korea “2037”, Begini Penerapan Pidana Penjara bagi Wanita Hamil di Indonesia

Di Indonesia, narapidana wanita yang hamil, memiliki hak dan kewenangannya. Pemenuhan hak warga binaan diatur dalam PP No.32 Tahun 1999 tentang Syarat Dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan dan berpedoman pada Permen Hukum dan HAM No. M.HH-OT.02.02 Tahun 2009 tentang cetak biru pembaharuan pelaksanaan sistem pemasyarakatan. Adanya peraturan tersebut mengisyaratkan bahwa lembaga pemasyarakatan di Indonesia memberikan pelayanan yang layak dalam pemenuhan hak bagi warga binaan yang sedang hamil maupun narapidana wanita pasca melahirkan. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

  1. Nama-nama Kandidat Pengganti Lili Pintauli sesuai UU KPK

Pengganti Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Lili Pintauli Siregar (LPS) yang mengundurkan diri pada Senin (11/7) masih belum juga diumumkan Presiden Joko Widodo. Jika melihat ketentuan tersebut, terdapat lima nama yang sebelumnya tidak terpilih pada seleksi calon pimpinan KPK 2019-2023. Nama-nama tersebut, I Nyoman Wara (auditor Badan Pemeriksa Keuangan); Johanis Tanak (Jaksa); Luthfi Jayadi Kurniawan (dosen Universitas Muhammadyah Malang); Roby Arya (PNS pada Sekretariat Kabinet); dan Sigit Danang Joyo (PNS Kementerian Keuangan). Dengan demikian, kelima nama tersebut merupakan calon pengganti Lili sebagai pimpinan KPK 2019-2023. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Itulah 5 artikel pilihan Redaksi Hukumonline hari ini. Semoga highlight artikel tersebut dapat memberi informasi tambahan bagi Anda. Simak selengkapnya beragam artikel lainnya dalam Berita Hukumonline. Selamat membaca!

Tags:

Berita Terkait