Terbaru

Pengertian Demokrasi, Sejarah, dan Pelaksanaannya di Indonesia

Konsep demokrasi sederhananya adalah menempatkan rakyat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi. Sejak ribuan tahun yang lalu, demokrasi mulai diterapkan.

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 4 Menit
Ilustrasi demokrasi. Sumber: pexels.com
Ilustrasi demokrasi. Sumber: pexels.com

Demokrasi adalah kata yang sering kali digaungkan. Namun, apa yang dimaksud dengan demokrasi? Ada banyak pandangan dalam menafsirkannya. Mari simak pembahasan berikut.

Pengertian Demokrasi

Berdasarkan KBBI, demokrasi adalah bentuk atau sistem pemerintahan yang seluruh rakyatnya turut serta memerintah dengan perantaraan wakilnya; pemerintahan rakyat. Kemudian, demokrasi juga diartikan KBBI sebagai gagasan atau pandangan hidup yang mengutamakan persamaan hak dan kewajiban serta perlakuan yang sama bagi semua warga negara.

Pengertian demokrasi menurut para ahli pun sangat beragam. Abraham Lincoln mendefinisikan demokrasi sebagai pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

Lalu, Sidney Hook mendefinisikan demokrasi sebagai bentuk pemerintahan di mana keputusan-keputusan pemerintahan yang penting, baik secara langsung atau tidak langsung, didasarkan pada kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas dari rakyat dewasa.

Baca juga:

Joseph Schumpeter kemudian mengartikannya sebagai prosedur kelembagaan untuk mencapai keputusan politik yang di dalamnya para individu-individu memperoleh kekuasaan untuk membuat keputusan melalui perjuangan kompetitif dalam rangka memperoleh suara rakyat.

Pengertian demokrasi menurut C. F. Strong adalah suatu sistem pemerintahan di mana mayoritas anggota dewasa dari masyarakat politik ikut serta atas dasar sistem perwakilan yang menjamin bahwa pemerintah akhirnya mempertanggungjawabkan tindakan-tindakan kepada mayoritas itu.

Tags:

Berita Terkait