Ilmu Negara: Pengertian, Objek, dan Sejarahnya
Terbaru

Ilmu Negara: Pengertian, Objek, dan Sejarahnya

Ilmu negara adalah ilmu yang mempelajari asal-usul, tujuan formasi, dan lenyapnya negara. Berikut ulasan selengkapnya.

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 3 Menit
Ilustrasi ilmu negara. Foto: pexels.com
Ilustrasi ilmu negara. Foto: pexels.com

Apa itu ilmu negara? Secara sederhana, ilmu negara adalah ilmu yang mempelajari asal-usul, tujuan formasi, dan lenyapnya negara. Baik secara umum, abstrak, dan universal. Adapun pengertian ilmu negara secara khusus telah didefinisikan berbagai ahli sebagai berikut.

Pengertian Ilmu Negara Menurut Para Ahli

Roelof Krannenburg mengartikan ilmu negara adalah ilmu yang menyelidiki negara; meliputi tumbuh, wujud, dan bentuk-bentuk negara. Ilmu negara ini menyelidiki hakikat, struktur dan bentuk, asal mula negara, serta persoalan yang ada dalam pengertian umum.

Soehino mengartikan ilmu negara adalah ilmu yang menyelidiki atau membicarakan negara, sebagaimana ditunjukkan sendiri oleh namanya.

Baca juga:

C.S.T. Kansil mengartikan ilmu negara adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari asas-asas pokok atau sendi dan pengertian tentang negara.

Moh. Koesnardi mengartikan ilmu negara adalah ilmu yang menyelidiki asas-asas pokok dan pengertian pokok tentang negara dan hukum tata negara.

Victor Situmorang mengartikan ilmu negara adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari asas-asas pokok negara pada umumnya, yakni mengenai sejarah, riwayat pertumbuhan dan perkembangan, hakikat dasar atau sifat, bentuk-bentuk, macam-macam, lenyapnya negara, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan negara. Misalnya, hubungan antarnegara, negara dengan hukum negara, negara dengan masyarakat, atau negara dengan agama.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait