Peralihan Kewenangan Pengundangan di Pemerintah
Terbaru

Peralihan Kewenangan Pengundangan di Pemerintah

Kewenangan pengundangan di pemerintah pindah tangan dari sebelumnya di bawah kendali Kementerian Hukum dan HAM beralih ke Kementerian Sekretariat Negara.

Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Peralihan Kewenangan Pengundangan di Pemerintah
Hukumonline

Kewenangan pengundangan pemerintah merupakan penempatan peraturan perundang-undangan dalam Lembaran Negara Republik Indonesia, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia, Berita Negara Republik Indonesia, Tambahan Berita Negara Republik Indonesia, Lembaran Daerah, Tambahan Lembaran Daerah atau Berita Daerah.

Tujuan pengundangan ini adalah agar masyarakat mengetahui isi peraturan perundang-undangan dan dapat menjadi acuan kapan suatu peraturan perundang-undangan mulai berlaku dan mengikat.

Peralihan kewenangan pengundangan tertuang di dalam Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) revisi Undang-Undang No.12 Tahun 2011 tentang Peraturan Pembentukan Perundang-undangan No.64 tentang Pasal 85 ayat (1).

Pasal tersebut menyatakan bahwa pengundangan peraturan perundang-undangan dalam Lembaran Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 82 huruf a, huruf b, dan huruf c dilaksanakan oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang kesekretariatan negara.

Baca juga:

Revisi UU tersebut telah disepakati oleh DPR RI dan pemerintah dalam rapat pleno Baleg DPR RI pada Rabu (13/4) lalu, yang dihadiri oleh Menteri Perekonomian, Airlangga Hartarto dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD.

Pengundangan peraturan perundang-undangan dalam Lembaran Negara Republik Indonesia meliputi:

  1. UU atau Peraturan Pemerintah Pengganti UU
  2. Peraturan Pemerintah
  3. Peraturan Presiden mengenai; pengesahan perjanjian antara negara Republik Indonesia dan negara lain atau badan internasional dan pernyataan keadaan bahaya
  4. Peraturan Perundang-undangan lain yang menurut Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku harus diundangkan dalam Lembaran Negara Republik Indonesia.
Tags:

Berita Terkait