Peran dan Fungsi Ikatan Dokter Indonesia
Terbaru

Peran dan Fungsi Ikatan Dokter Indonesia

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) merupakan lembaga organisasi yang menggunakan pendekatan kewenangan yuridis dan sanksi organisasi pada anggotanya. Ikatan Dokter Indonesia adalah organisasi profesi yang diakui pemerintah sesuai perundang-undangan.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 2 Menit
Ilustrasi: HOL
Ilustrasi: HOL

Peran dan fungsi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tengah menjadi perbincangan pasca pemecatan Terawan Agus Putranto beberapa hari yang lalu. Ikatan Dokter Indonesia menjadi sorotan lantaran pemecatan mantan menteri kesehatan tersebut, dinilai akan menjadi preseden buruk bagi kalangan dokter dan pasien.

Mantan Menteri Kesehatan tersebut diberhentikan sesuai dengan rekomendasi Majelis Kehormatan Etik Kedokteran IDI yang dibacakan pada Muktamar ke-31 Ikatan Dokter Indonesia di Banda Aceh pada Jumat (25/3) yang lalu. Pelanggaran etika kedokteran yang tidak kunjung diselesaikan merupakan salah satu faktor pemecatan dokter Terawan.

Ikatan Dokter Indonesia merupakan lembaga organisasi yang menggunakan pendekatan kewenangan yuridis dan sanksi organisasi pada anggotanya. Ikatan Dokter Indonesia adalah organisasi profesi yang diakui pemerintah sesuai perundang-undangan. 

Baca Juga:

Sedangkan anggota Ikatan Dokter Indonesia meliputi dokter anggota biasa, anggota muda, anggota luar biasa, dan anggota kehormatan IDI sebagaimana yang ditetapkan dalam Anggaran Dasar, dan Anggaran Rumah Tangga.

Seseorang yang telah dinyatakan lulus dalam bidang pendidikan kedokteran dapat bergabung di organisasi profesi IDI. Ikatan Dokter Indonesia menghimpun para dokter di Indonesia untuk dapat mengembangkan ilmu kesehatan serta profesi. Ikatan Dokter Indonesia turut aktif mengadakan kegiatan dalam bidang kesehatan.

Peran dan fungsi IDI bertujuan untuk memadukan potensi-potensi profesi dokter di seluruh Indonesia. Peran dan fungsi IDI juga bertujuan menjaga dan meningkatkan harkat dan martabat serta kehormatan profesi kedokteran. Selain itu juga untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran, serta meningkatkan kesehatan rakyat Indonesia untuk menuju masyarakat sehat dan sejahtera.

Tags:

Berita Terkait