Peran Penting Konsultan Hukum dan Profesi Penunjang dalam Transaksi IPO
Utama

Peran Penting Konsultan Hukum dan Profesi Penunjang dalam Transaksi IPO

Keberhasilan IPO adalah harmonisasi dan komitmen dari pemegang saham dan profesi penunjang yang punya kode etik, standar dan prosedur.

Mochamad Januar Rizki
Bacaan 3 Menit
Acara bertajuk Dukungan BEI dan Profesi Penunjang bagi Calon Emiten di Jakarta, Rabu (10/7/2024). Foto: Istimewa
Acara bertajuk Dukungan BEI dan Profesi Penunjang bagi Calon Emiten di Jakarta, Rabu (10/7/2024). Foto: Istimewa

Suatu calon emiten untuk melakukan penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) memerlukan berbagai tahapan yang harus dipenuhi. Berbagai tahapan tersebut antara lain perlunya pemeriksaan dari berbagai aspek yang dilakukan berbagai profesi penunjang pasar modal terdaftar. Seperti konsultan hukum pasar modal hingga akuntan publik.

Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan Bursa Efek Indonesia (BEI), Kristian Manullang mengatakan saat ini industri pasar modal Indonesia sedang dalam kondisi positif. Di tingkat regional, pasar modal Indonesia menjadi salah satu yang paling menarik.

”Sejak 2018 sampai saat ini, BEI selalu berhasil mencatatkan saham baru tercatat dibanding bursa kawasan ASEAN lainnya,” ujar Kristian dalam acara ’Dukungan BEI dan Profesi Penunjang bagi Calon Emiten’ di Jakarta, Rabu (10/7/2024).

Dia menyampaikan saat ini sudah ada calon emiten yang sedang mengantre untuk masuk bursa. Lebih lanjut Kristian menerangkan, jumlah investor juga meningkat baik domestik dan asing.

Baca juga:

Alhasil, bursa pasar modal Indonesia saat ini menjadi pilihan dunia usaha dalam peningkatan bisnisnya. Dia menyatakan seluruh pemangku kepentingan pasar modal siap membantu calon emiten yang siap memasuki pasar modal.

”Seluruh stakeholder pasar modal seperti BEI dan seluruh profesi penunjang siap membantu para calon emiten,” imbuh Kristian.

Tags:

Berita Terkait