Peran Penting Sekretaris Perusahan di Era Teknologi Digital
Terbaru

Peran Penting Sekretaris Perusahan di Era Teknologi Digital

Dalam era teknologi informasi yang kian pesat, para sekretaris perusahaan harus mampu dan harus jeli dalam memanfaatkan teknologi digital dalam membangun relasi baik antar internal perusahaan dan eksternal.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Corporate Secretary Bukalapak, Perdana Saputro. Foto: WIL
Corporate Secretary Bukalapak, Perdana Saputro. Foto: WIL

Di tengah kehidupan yang dipenuhi dengan gencaran teknologi informasi, setiap profesi perlu mampu beradaptasi dengan perubahan dan ketidakpastian yang terjadi pada saat ini, tidak terkecuali bagi seseorang yang berprofesi sebagai sekretaris perusahaan.

Indonesia Corporate Secretary Association (ICSA) menyatakan bahwa profesi sekretaris perusahaan memiliki peranan penting dalam penerapan tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG).

Profesi sekretaris perusahaan akan terus mengalami tantangan, perubahan, serta tuntutan di masa depan. ICSA sebagai asosiasi terus memberi pengembangan terhadap anggotanya berupa terobosan program baru dan inovasi di tengah gempuran teknologi digital saat ini.

Baca juga:

Corporate Secretary Bukalapak, Perdana Saputro, mengungkapkan ada tiga fungsi sekretaris perusahaan di lingkup Bukalapak yang dapat diterapkan oleh sekretaris perusahaan lain. Fungsi pertama yaitu menangani eksekusi sekretaris perusahaan dalam peraturan Otoritas Jasa Keuangan.

“Tim ini meng-handle laporan reguler dan laporan insidentil, serta menghadiri berbagai rapat Board of Director dan Board of Commissioners sehingga tim ini disebut tim corporate secretary,” jelasnya.

Lalu, fungsi yang kedua yaitu anak perusahaan yang tugasnya mengurus berbagai keperluan korporasi anak perusahaan di Bukalapak terkait dengan anggaran dasar hingga pelaporan reguler non OJK.

Tags:

Berita Terkait