Peran Rangkap Konsultan Hukum Perempuan Terjawab dengan Kerja Efisien dan Efektif
Hukumonline's NeXGen Lawyers 2022

Peran Rangkap Konsultan Hukum Perempuan Terjawab dengan Kerja Efisien dan Efektif

Adaptif, akan menciptakan kerja yang efisien dan efektif bagi Veronica Sylfani

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 2 Menit
Foto: Veronica Sylfani, Tumbuan & Partners
Foto: Veronica Sylfani, Tumbuan & Partners

Veronica Sylfani telah berkarya sebagai konsultan hukum di Tumbuan&Partners lebih dari 10 tahun. Lulus dari UNIKA Atma Jaya, Jakarta tahun 2011  jurusan Hukum Bisnis dan kerja magang di kampus telah memberikan dasar pengetahuan hukum bagi Veronica. Keinginan Veronica sejak masih menjadi mahasiswa untuk bekerja di lawfirm telah menjadikan Veronica mempunyai tekat bulat untuk langsung memilih bekerja di lawfirm dan bukan perusahaan sebagai tempat bekerja.

Transaksi sederhana hingga transaksi-transaksi yang sangat kompleks yang melibatkan BUMN, perusahaan swasta dan asing, bahkan perusahaan dengan lebih dari 30 anak perusahaan, melibatkan beberapa lawfirm, melibatkan lebih dari 20 konsultan hukum, memerlukan analisis hukum yang tidak mudah, telah satu persatu berhasil diselesaikan oleh Veronica. Hingga kini telah ratusan transaksi berhasil diselesaikan dengan baik dan memuaskan.

Salah satu transaksi di bawah kepemimpinan Veronica yaitu rights issue PT Aneka Tambang Tbk dengan penawaran umum di Indonesia dan di Hong Kong, Malaysia, Singapura dan Eropa menurut Regulation S dengan nilai lebih dari Rp 5,3 triliun telah berhasil mengantarkan Tumbuan&Partners mendapatkan award the Equity Market Deal of the Year 2016 dari ALB Indonesia Law Awards.

Banyak transaksi-transaksi lainnya di bawah kepemimpinan ataupun pengawasan Veronica telah mendapatkan award dan nominasi sebagai winner of the Boutique Law Firm of the Year 2015; winner of the Transactional Boutique Law Firm of the Year, 2019; Finalist Indonesia Law Firm of the Year, 2021; Finalist Medical and Healthcare Law Firm of the Year, 2021; Finalist Debt Market Deal of the Year, 2021, dst. Deretan panjang award dan nominasi yang diperoleh oleh Tumbuan&Partners tak lepas dari campur tangan Veronica. 

Peran rangkap Veronica sebagai konsultan hukum Tumbuan&Partners, sebagai senior lawyer yang membimbing para junior lawyers, sebagai seorang ibu dari anak balita maupun sebagai pengusaha katering terus dijalankan olehnya secara bersamaan, tanpa mengenal kompromi terhadap kualitas pekerjaan dan karya yang dihasilkan.

Tantangan terhadap issue gender sebagai wanita, banyaknya transaksi dalam waktu bersamaan, deadline transaksi yang sangat sempit, kurangnya waktu untuk melakukan peran rangkap, disikapi oleh Veronica dengan jerih payah kerja yang tak pernah mengenal lelah bahkan tak berhenti saat akan menjadi ibu muda, dengan niat tinggi berbagi ilmu dan dengan semangat untuk selalu ingin belajar dan menambah ilmu pengetahuan.

Veronica sering memberikan kontribusi dan masukan pengalaman praktek terhadap rancangan peraturan-peraturan pasar modal, sering pula berbagi pengalaman hukum dalam berbagai seminar dan webinar, maupun memberikan tentor dan sharing session dengan para junior lawyers. Kemampuannya sebagai seorang ibu bahkan menjadi nilai tambah bagi Veronica untuk memahami junior lawyers generasi lebih muda. Veronica sering pula mengembangkan ilmu dengan mengikuti pendidikan pasar modal, seminar dan webinar.

Kunci keberhasilan adalah bagaimana cara bekerja efektif dan efisien. Bekerja dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Peran rangkap Konsultan Hukum Perempuan bukanlah hambatan yang berarti yang dapat mengkompromi kualitas pekerjaan maupun karya yang dilakukan.

Kemampuan Veronica untuk beradaptasi dengan teknologi dan dunia hukum digital telah pula membantu kunci keberhasilan Veronica untuk menjalankan peran rangkap Konsultan Hukum Perempuan. Rasa kecintaan nya sebagai konsultan hukum membuatnya tak pernah berpikir untuk berhenti berkarya. Tak ada waktu untuk berhenti menjadi Konsultan Hukum Perempuan.

Tags: