Persoalan Hukum Prioritas di Jalan Raya yang Berlanjut di Pengadilan

Persoalan Hukum Prioritas di Jalan Raya yang Berlanjut di Pengadilan

Kendaraan tertentu yang ditetapkan dalam undang-undang memang memiliki prioritas di jalan raya, meskipun begitu para pengendara tersebut juga harus berhati-hati karena berkaitan dengan pengendara lain.
Persoalan Hukum Prioritas di Jalan Raya yang Berlanjut di Pengadilan
Ilustrasi sirene ambulans. Foto: pexels.com

Kita pasti sering mendengar suara sirine baik itu pemadam kebakaran, kendaraan pembawa orang sakit, jenazah maupun kendaraan iring-iringan pejabat negara yang meminta ataupun membuat kita meminggirkan kendaraan dan memberi mereka jalan. Memang ada beberapa jenis kendaraan seperti yang disebutkan di atas merupakan prioritas di jalan raya.

Prioritas pertama adalah kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas. Siapa pun harus memberikan jalan kepada pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas itu. Kendaraan pejabat juga harus memberikan jalan kepada pemadam kebakaran.

Prioritas kedua adalah ambulans yang mengangkut orang sakit. Selain kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas, tidak ada yang boleh menghalang-halangi laju ambulans yang mengangkut pasien. Iring-iringan mobil presiden dan wakil presiden juga harus memberikan jalan kepada ambulans yang membawa orang sakit

Ketiga adalah kendaraan evakuasi atau kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas. Baru kemudian prioritas selanjutnya adalah kendaraan pimpinan lembaga negara, kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara, iring-iringan pengantar jenazah dan konvoi tertentu.

Hukumonline.com

Namun terkadang prioritas itu kerap kali disalahgunakan, misalnya mobil ambulans yang digunakan pihak tak bertanggung jawab untuk piknik dan menerobos pelaksanaan satu jalur di Puncak Bogor. Kemudian ramai kasus penganiayaan yang dilakukan oleh dua orang pengguna mobil Nissan X-Trail berpelat nomor B 1146 RFH terhadap pengemudi mobil sedan hitam yang belakangan diketahui merupakan anak dari anggota DPR pada Juni 2022 lalu.

Masuk ke akun Anda atau berlangganan untuk mengakses Premium Stories
Premium Stories Professional

Segera masuk ke akun Anda atau berlangganan sekarang untuk Dapatkan Akses Tak Terbatas Premium Stories Hukumonline! Referensi Praktis Profesional Hukum

Premium Stories Professional