Pertamina Siap Diaudit BPK
Berita

Pertamina Siap Diaudit BPK

Sebelumnya, Pertamina selalu mengaku rugi akibat menjual premium dan solar.

Oleh:
KAR
Bacaan 2 Menit
Foto: SGP
Foto: SGP

PT Pertamina (Persero) menyatakan tidak keberatan jika Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan audit terhadap perusahaan pelat merah itu. Menurut Direktur Keuangan Pertamina, Arif Budiman, selama ini pihaknya sudah diaudit oleh pihak lain. Oleh karena itu, wacana audit oleh BPK bukan suatu ancaman.

"Boleh saja, selama ini kita diaudit juga dengan PLN segala macam pasti diaudit," kata Arif di Jakarta, Selasa (6/10).

Wacana audit itu mencuat setelah Pertamina berulang kali mengaku rugi besar lantaran menjual harga bahan bakar minyak (BBM) di bawah harga keekonomian. Menurut Arif, perusahaannya memang mengalami kerugian lebih dari Rp15 triliun sejak awal tahun hingga bulan Agustus lalu. Namun, ia membantah bahwa pihaknya mengalami kerugian secara keseluruhan.

"Yang perlu saya sampaikan, sampai dengan Agustus tahun ini, itu untung AS$ 840 juta, dan kira-kita itu sekitar Rp11-Rp12 triliun. Jadi, secara keseluruhan Pertamina nggak rugi," katanya.

Menurutnya, kerugian penjualan BBM jenis premium dan solar tertutup oleh bisnis lain, seperti penjualan elpiji, gas bumi, dan pelumas serta banyak bisnis lainnya. Ia menyebut, tidak semua produk yang dijual Pertamina mendatangkan rugi. Beberapa diantara penjualan itu, menurutnya, tetap membawa keuntungan.

"Kan memang Pertamina memproduksi dan menjual banyak produk, jadi ada produk yang rugi dan untung itu biasa," kata Arif.

Sebelumnya, saat menghadiri rapat dengan DPR, Ketua BPK Harry Azhar Azis mengatakan pihaknya membuka diri jika diperlukan untuk melakukan audit terhadap Pertamina. Ia menjelaskan, pihaknya hanya bisa dilibatkan untuk mengaudit kerugian. Sementara, terkait harga keekonomian yang pas, pihaknya tidak memiliki wewenang untuk ikut campur.

Tags:

Berita Terkait