​​​​​​​Pidana Zina untuk Pelaku Nikah Siri Hingga Mantan Pacar yang Mengancam Sebar Aib ke Medsos
10 Artikel Klinik Terpopuler:

​​​​​​​Pidana Zina untuk Pelaku Nikah Siri Hingga Mantan Pacar yang Mengancam Sebar Aib ke Medsos

Soal karyawan kontrak resign berhak dapat uang kompensasi hingga bisakah menggugat developer jika perumahan kena banjir turut dibahas Klinik Hukumonline.

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 4 Menit
​​​​​​​Pidana Zina untuk Pelaku Nikah Siri Hingga Mantan Pacar yang Mengancam Sebar Aib ke Medsos
Hukumonline

Klinik Hukumonline terus berupaya memberikan akses terhadap informasi hukum yang up-to-date dan terpercaya melalui berbagai artikel yang dikemas dengan ringkas dan mudah dicerna. Selain itu, informasi-informasi tersebut juga kami sajikan dalam bentuk infografis, video YouTube, dan ada pula layanan chatbot dengan Legal Intelligent Assistant (LIA).

Kamu juga bisa mendengarkan perbincangan isu hukum yang seru dan menarik melalui Hukumonline Podcast lewat berbagai platform podcast yang tersedia.

Berikut ini 10 artikel Klinik Hukumonline terpopuler di media sosial berdasarkan pemantauan tim Klinik selama sepekan terakhir. Mulai dari potensi jerat pidana zina untuk pelaku nikah siri, hingga hukumnya revenge porn yang dilakukan mantan pacar. Jangan lupa klik masing-masing artikel ya!

  1. 10 Sebab Hapusnya Perikatan Menurut KUH Perdata

Menurut Pasal 1381 KUH Perdata, terdapat 10 sebab hapusnya perikatan, yakni pembayaran, penawaran pembayaran tunai diikuti dengan penyimpanan atau penitipan, pembaruan utang, perjumpaan utang/kompensasi, percampuran utang, pembebasan utang, musnahnya barang yang terutang, kebatalan atau pembatalan, berlakunya suatu syarat batal, serta lewatnya waktu.

Selain itu, untuk mengetahui apakah suatu perjanjian dapat berakhir dengan meninggalnya salah satu pihak, harus dilihat terlebih dahulu perjanjian apa yang mengikat para pihak tersebut.

  1. Apakah Nikah Siri Itu Zina?

Karena dalam pernikahan siri tidak terdapat dokumen yang diakui oleh hukum bahwa seseorang telah menikah dan sah secara agama, maka konsekuensinya terdapat risiko pasangan yang menikah siri dapat dijerat Pasal 284 ayat (1) KUHP tentang zina, jika suami/istri yang menikah siri ini ternyata masih terikat perkawinan yang sah dengan orang lain.

Klik pada judul artikel untuk baca lebih lanjut penjelasan dan contoh kasusnya.

  1. Dasar Hukum Cessie dan Penjelasannya

Cessie adalah suatu cara pemindahan piutang atas nama dari kreditur lama kepada kreditur baru, namun hubungan hukum utang piutang tersebut tidak hapus sedetikpun, tetapi dalam keseluruhannya dipindahkan kepada kreditur baru.

Tags:

Berita Terkait