Pimpin IKAHI, Yasardin Bertekad Tingkatkan Kepercayaan Publik terhadap Badan Peradilan
Terbaru

Pimpin IKAHI, Yasardin Bertekad Tingkatkan Kepercayaan Publik terhadap Badan Peradilan

Yasardin berkomitmen menghadirkan program pada kepengurusan IKAHI yang baru untuk berfokus dengan upaya meningkatkan kepercayaan publik terhadap badan peradilan.

Oleh:
Ferinda K Fachri
Bacaan 3 Menit
Ketua Umum PP IKAHI Masa Bakti 2022-2025 Yasardin. Foto: Humas MA
Ketua Umum PP IKAHI Masa Bakti 2022-2025 Yasardin. Foto: Humas MA

Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) telah menggelar Musyawarah Nasional (Munas) pada 15-17 November 2022 lalu di Hotel Intercontinental, Bandung. Terdapat sejumlah agenda yang dilakukan dalam kesempatan tersebut, diantaranya berupa Rapat Komisi IKAHI dan pemilihan Ketua Umum IKAHI Masa Bakti 2022-2025.

Pada pemilihan Ketua Umum IKAHI Masa Bakti 2022-2025, seperti dilansir situs resmi Mahkamah Agung (MA) RI, terdapat 11 nama yang masuk dalam bursa calon Ketua Umum PP IKAHI. Antara lain Dr. Suharto; Dr. Yasardin; Dr. Yulius; I Gusti Agung Sumanatha; Dr. Prim Haryadi; Prof Syamsul Maarif; Dr. Yodi Martono Wahyunasi; Prof Amran Suadi; Dr. Ridwan Mansyur; Dr. Zahrul Rabain; dan Dr. Andi Samsan Nganro.

Dari 11 nama yang dicalonkan maju dalam kontestasi pemilihan Ketua Umum IKAHI, terpilih Dr. Yasardin sebagai Ketua Umum PP IKAHI Periode 2022-2025. Hakim Agung Kamar Agama yang juga merupakan alumnus Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta itu terpilih dengan memperoleh suara terbanyak sebesar 57 suara.

“Saya berterima kasih kepada peserta Munas, sudah memberi kepercayaan kepada saya dan teman-teman untuk memimpin IKAHI 3 tahun ke depan. Kita bersyukur kepada Tuhan, karena Munas kemarin juga sudah berjalan dengan baik,” ujar Ketua Umum Pengurus Pusat IKAHI Masa Bakti 2022-2025 terpilih, Dr. Yasardin, ketika dihubungi Hukumonline, Selasa (22/11/2022).

Seperti diketahui, penerima suara terbanyak kedua dalam ajang pemilihan Ketua Umum PP IKAHI Masa Bakti 2022-2025 ialah Dr. Yulius dengan 53 suara, membuatnya terpilih menjadi Sekretaris Umum PP IKAHI. Pada posisi ketiga dan keempat terpilih sebagai anggota adalah Dr. Suharto dan I Gusti Agung Sumanatha. Sedangkan untuk peraih suara terbanyak kelima terdapat tiga orang, sehingga posisi ini akan ditentukan formatur pengurus terpilih.

Ia melanjutkan semua program yang dicanangkan akan terus berkiblat pada visi dan misi yang dimiliki IKAHI. Seperti untuk meningkatkan profesionalisme hakim, memperjuangkan hal-hal yang berkenaan dengan hakim, misalnya memperjuangkan hak-hak hakim, dan lain-lain.

Kebetulan, sambung Yasardin, pengurus PP IKAHI Masa Bakti 2022-2025 terpilih dalam kondisi MA yang mendapat penilaian publik kurang baik pasca 2 hakim agung dan sejumlah staff MA menjadi tersangka suap dalam penanganan perkara di MA beberapa waktu lalu.  Untuk itu, program yang akan dilakukan ke depan oleh kepengurusan IKAHI yang baru akan berfokus pada upaya meningkatkan kepercayaan publik terhadap badan peradilan.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait