PR Besar Nawawi Pomolango Nahkoda Baru KPK
Terbaru

PR Besar Nawawi Pomolango Nahkoda Baru KPK

Ada lima agenda prioritas yang bakal menjadi fokus KPK di bawah kepemimpinan Nawawi Pomolango.

Oleh:
Mochamad Januar Rizki
Bacaan 4 Menit
Ketua Sementara KPK, Nawawi Pomolango (tengah) saat menggelar konferensi pers di Gedung Merah Putih, Senin (27/11/2023). Foto: RES
Ketua Sementara KPK, Nawawi Pomolango (tengah) saat menggelar konferensi pers di Gedung Merah Putih, Senin (27/11/2023). Foto: RES

Pasca resmi dilantik menjadi Ketua Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nawawi Pomolango bergerak cepat melakukan koordinasi dengan semua komisioner lembaga antirasuah lainnya. Sejumlah pekerjaan rumah (PR) berada di depan mata yang perlu dihadapi dengan berbagai strategi. Termasuk mengembalikan kepercayaan publik terhadap lembaga KPK.

Setidaknya ada lima agenda prioritas yang di tengah sisa masa periode pimpinan KPK periode 2019-2014 yang menggantikan Firli Bahuri akibat tersandung kasus hukum. Pertama, pemenuhan target penanganan perkara dan pemulihan aset atau asset recovery pada kedeputian penindakan dan eksekusi.

Kedua, peningkatan Skor Indeks Perilaku Anti-Korupsi (IPAK) pada Kedeputian Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat. Ketiga, peningkatan sistem penyelenggaraan pemerintahan negara yang antikorupsi melalui Survei Penilaian Integritas (SPI) pada Kedeputian Bidang Pencegahan dan Monitoring dan Monitoring for Prevention (MCP) dan  Kedeputian Koordinasi dan Supervisi.

Keempat, penguatan efektivitas tata kelola kelembagaan pada Sekretariat Jenderal dan Kedeputian Bidang Informasi dan Data. Kelima, mengoptimalkan pelaksanaan rencana aksi pada Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (STRANAS PK). Bagi Nawawi, lima agenda prioritas bakal difokuskan terhadap pencapaian target kinerja yang telah ditentukan sedari awal tahun.

“KPK harus memastikan bahwa pemberantasan korupsi, bagaimanapun dinamikanya, tidak terganggu dan bisa memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat Indonesia, sehingga bisa mengembalikan kepercayaan dan dukungan publik terhadap lembaga ini,” ujar Nawawi saat menggelar konferensi pers di Gedung Merah Putih, Senin (27/11/2023) kemarin.

Baca juga:

Hukumonline.com

Kiri-kanan: Alexander Marwata, Nawawi Pomolango dan Nurul Ghufron saat konferensi pers. Foto: RES

Pria yang berlatarbelakang hakim itu melanjutkan, pimpinan berkomitmen bakal terus bersinergi dengan Dewan Pengawas (Dewas) KPK dalam hal pemberian saran dan nasihat kepada pimpinan, maupun upaya-upaya penegakan kode etik bagi seluruh Insan KPK. Langkah itu dilakukan sebagai upaya untuk menjaga muruah kelembagaan KPK.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait