Presiden Sampaikan Pidato Kenegaraan Hingga Desakan Kenaikan Tiket Taman Nasional Komodo Dibatalkan
Terbaru

Presiden Sampaikan Pidato Kenegaraan Hingga Desakan Kenaikan Tiket Taman Nasional Komodo Dibatalkan

Lima aspek sebelum membeli properti, keseriusan Kejaksaan Agung dalam memberantas korupsi, 10 aspek hukum yang harus dipersiapkan perusahaan go public turut dibahas Hukumonline.

Oleh:
Agus Sahbani
Bacaan 3 Menit
Ilustrasi pulau komodo
Ilustrasi pulau komodo

Redaksi Hukumonline menayangkan sejumlah artikel terkait isu hukum setiap harinya. Beragam isu hukum disajikan secara lugas dengan bahasa yang mudah dipahami selalu menghiasi pemberitaan Hukumonline. Untuk Selasa (16/8/2022), Redaksi Hukumonline memilih 5 artikel pilihan yang layak untuk dibaca mulai Presiden sampaikan pidato kenegaraan hingga Walhi desak kenaikan tiket masuk Taman Nasional Komodo. Yuk, kita simak ringkasannya!

  1. Presiden Jokowi: 5 Agenda Besar Tak Boleh berhenti

Nyaris banyak negara di dunia menghadapi ujian besar berupa krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19. Perekonomian dunia pun yang belum sepenuhnya bangkit. Hal tersebut menjadi bagian tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Karenanya, tantangan yang dihadapi Indonesia pun sangat berat. Sejumlah agenda besar yang sedang berjalan tak boleh berhenti.

Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Sidang Tahunan MPR memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia di Gedung MPR, Selasa (16/8/2022). “Saya tegaskan kembali. Agenda besar bangsa tidak boleh berhenti. Langkah-langkah besar harus terus dilakukan,” kata Presiden Jokowi. Simak selengkapnya dalam artikel ini!     

  1. Lima Aspek yang Harus Diketahui Konsumen Sebelum Membeli Properti

Sengketa properti atau perumahan termasuk ke dalam sengketa yang banyak dilaporkan oleh konsumen. Hal tersebut terbukti dari data pengaduan konsumen yang masuk ke Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) periode 2017-Agustus 2022, di mana sengketa perumahan berada di peringkat kedua dengan jumlah pengaduan sebanyak 2.981, hanya berselisih tipis dengan pengaduan konsumen di sektor keuangan sebanyak 3.000.

Guna meminimalisir terjadinya sengketa di sektor properti, konsumen harus memahami beberapa hal sebelum memutuskan untuk membeli unit properti. Menurut Ketua Umum DPP Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) Paulus Totok Lusida, setidaknya masyarakat harus memahami prasyarat pembelian properti yang aman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hariSimak selengkapnya dalam artikel ini!

  1. Keseriusan Kejaksaan Agung dalam Pemberantasan Korupsi

Selain keseriusan dalam menangani perkara-perkara yang berkaitan dengan hajat hidiup orang banyak, Kejaksaan Agung terus menunjukan keseriusannya dalam upaya pemberantasan korupsi. Sebab, Kejaksaan Agung berhasil menjemput dan menangkap pemilik Duta Palma Group Surya Darmadi dalam kasus dugaan korupsi penguasaan lahan sawit yang berujung mergikan negara mencapai Rp78 triliun. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

  1. Sepuluh Aspek Hukum yang Harus Disiapkan Perusahaan Sebelum Go Public

Go public juga disebut dengan Initial Public Offering (IPO). Berdasarkan UU No. 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal, IPO merupakan kegiatan penawaran efek (untuk menjual efek) kepada masyarakat yang dilakukan oleh emiten untuk pertama kalinya berdasarkan tata cara yang diatur dalam Undang-Undang mengenai pasar modal dan peraturan pelaksanaannya. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

  1. Bukan Ditunda, Walhi Desak Kenaikan Tiket Masuk Taman Nasional Komodo Dibatalkan

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah menunda kenaikan harga tiket masuk pulau Komodo dan pulau Padar di Taman Nasional Komodo (TNK). Awalnya kenaikan tiket sebesar Rp3,75 juta itu akan berlaku 1 Agustus 2022. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT, Zeth Sony Libing, Penundaan itu berlaku sampai 1 Januari 2023. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Itulah 5 artikel pilihan Redaksi Hukumonline hari ini. Semoga highlight artikel tersebut dapat memberi informasi tambahan bagi Anda. Simak selengkapnya beragam artikel lainnya dalam Berita Hukumonline. Selamat membaca!

Tags:

Berita Terkait