Prinsip Hidup Sederhana Saprita Membantu Dirinya Menjadi Lebih Baik
Hukumonline's NeXGen Lawyers 2022

Prinsip Hidup Sederhana Saprita Membantu Dirinya Menjadi Lebih Baik

Dikenal sebagai pribadi yang ceria dan jenaka, Saprita juga senantiasa memberikan yang terbaik dalam menyelesaikan pekerjaannya melalui nilai kesederhanaan yang Saprita dalami.

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 4 Menit
Foto: Saprita Tahir, SSEK
Foto: Saprita Tahir, SSEK

Bagi Saprita, pandemi Covid-19 yang membuat lumpuh banyak industri justru membawa lebih banyak berkah bagi dirinya. Akibat dari pandemi, Saprita semakin menyadari betapa beruntung dirinya mendapatkan kesempatan untuk berkarier di SSEK Indonesian Legal Consultants (SSEK), salah satu kantor firma hukum independen terbaik di Indonesia. Selain itu, Saprita juga merasa WFH telah membantu dirinya menjadi lebih produktif dan efisien. Bahkan, Saprita menjadi memiliki waktu tambahan untuk menjalani usahanya sendiri. 

Prinsip hidup Saprita sebenarnya sangat sederhana: bersyukur atas apa yang didapat dan lakukan yang terbaik dalam setiap kesempatan yang diberikan. Mungkin konsep ini terdengar cliché bagi beberapa pihak. Namun yang membuatnya berbeda, Saprita benar-benar menerapkan prinsip ini dalam kehidupannya sehari-hari. Hal ini sangat penting dalam menjalani karirnya sebagai corporate lawyer yang penuh dengan tantangan dari berbagai aspek, di mana setiap hari ada saja masalah baru yang tidak pernah diperkirakan sebelumnya.  Dalam hal ini, Saprita dapat senantiasa memancarkan positive vibes di lingkungan kerja, sehingga dapat memberikan pengaruh yang baik kepada orang-orang di sekitarnya, baik klien, kolega maupun counterpart.

Di SSEK, Saprita mendapatkan exposure dan kesempatan, dengan bimbingan dari high profile partners dan advisors, untuk mewakili berbagai klien, baik nasional maupun internasional, dalam berbagai jenis proyek, mulai dari merger & acquisition, investment, debt financing, dan transaksi lainnya, di berbagai sektor seperti data centre, real estate, perdagangan, perindustrian, asuransi, dan lain-lain. Saprita juga kerap memberikan advis kepada beragam klien di bidang perlindungan data pribadi dan ketenagakerjaan.  

Kekonsistenan Saprita dalam menjalani berbagai kesempatan di atas dengan menerapkan prinsip hidupnya yang sederhana, membantunya untuk senantiasa memberikan hasil yang maksimal. 

“Di saat sedang hectic dan merasakan banyaknya tekanan dari pekerjaan yang menumpuk, saya selalu berusaha menenangkan diri. Saya menjauh sebentar dari laptop saya, kemudian saya ingatkan diri saya kembali bahwa saya sangat beruntung bisa mendapatkan kesempatan bekerja di SSEK dan usaha saya sebelumnya membuat saya tiba di titik ini dalam hidup saya. Saya yakinkan diri sendiri bahwa beban yang saya rasakan saat ini merupakan hadiah dari Tuhan untuk saya berproses menjadi lebih baik dan usaha saya tidak akan menjadi sia-sia. Karena itu, saya harus memberikan yang terbaik”,” ungkap Saprita saat ditanya cara ia menghadapi tantangan dalam bekerja. Dirinya melanjutkan, “ketika saya sudah tenang dan meyakininya, saya kembali bekerja dan dari situlah saya mampu memberikan hasil pekerjaan yang lebih baik dan maksimal.”

Saprita juga tidak sungkan dalam menggali ilmu baru. Pada tahun 2015, Saprita mendapatkan beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk melanjutkan studi S2 di King’s College London di mana Saprita mendapatkan gelar Lex Legibus Magister (LL.M). Dari pengalamannya tersebut, Saprita mendapatkan perspektif baru dalam melihat suatu permasalahan hukum, sehingga kemampuan analisa hukum Saprita menjadi lebih tajam dan mendalam. 

Saprita sendiri sudah bergabung dengan SSEK sejak tahun 2011, namun pada tahun 2019 Saprita memutuskan untuk menjalani kesempatan terjun sebagai in-house counsel di salah satu perusaahaan terbuka terbesar di Indonesia. Pada tahun 2020, Saprita memutuskan untuk kembali menjalani karier sebagai corporate lawyer di SSEK. Pengalaman Saprita bekerja sebagai in-house counsel membantu Saprita dalam memahami kebutuhan klien secara lebih mendalam, bukan hanya dari sisi hukum, namun juga dari sisi komersial. Hal ini membuat Saprita mampu memberikan advis kepada klien secara holistik di mana advis yang diberikan tidak hanya mencakup ketentuan hukum, tetapi mencakup pertimbangan dari aspek komersial. 

Tags: