RKUHP Segera Disahkan Hingga Potret Jawara In House Counsel Awards 2022
Terbaru

RKUHP Segera Disahkan Hingga Potret Jawara In House Counsel Awards 2022

Kepercayaan publik terhadap tanda tangan elektronik tersertifikasi perlu didorong, memahami perbedaan UMP, UMR dan UMK, serta pentingnya mewaspadai monopoli data di era digital.

Oleh:
M. Agus Yozami
Bacaan 2 Menit
RKUHP Segera Disahkan Hingga Potret Jawara In House Counsel Awards 2022
Hukumonline

Dari tahun ke tahun, tak henti-hentinya Hukumonline dengan terus setia memberikan ragam informasi hukum berkualitas setiap harinya kepada masyarakat luas. Tentu, tiap artikel yang disajikan khususnya dalam bentuk pemberitaan bertujuan agar masyarakat lebih melek hukum.

Beragam isu disajikan secara lugas dengan bahasa yang mudah dipahami selalu menghiasi pemberitaan Hukumonline. Kali ini, Redaksi Hukumonline merangkum 5 artikel pilihan yang tayang pada Senin (5/12). Yuk, kita simak artikelnya bersama-sama!

  1. Besok RKUHP Disahkan, Pemerintah Persilakan Masyarakat Tempuh Uji Materi ke MK

Masih adanya pihak yang menolak hasil akhir draf Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) yang disepakati, tak menyurutkan DPR dan pemerintah bakal tetap mengesahkan RKUHP dalam waktu dekat menjadi UU. Pemerintah mempersilakan pihak-pihak yang menolak atau tidak sependapat dengan materi RKUHP agar menempuh jalur konstitusional dengan mengajukan uji materil RKUHP setelah menjadi UU ke Mahkamah Konstitusi.

Baca Juga:

  1. Mendorong Kepercayaan Publik Terhadap Tanda Tangan Elektronik Tersertifikasi

Penggunaaan tanda tangan elektronik (TTE) dalam kegiatan bisnis, baik individu maupun korporat mulai ramai digunakan. Faktor keamanan dan efisiensi jadi alasan penggunaan TTE. Penggunaan TTE telah disahkan pemerintah melalui UU Nomor 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Regulasi tersebut memberi kekuatan hukum tanda tangan elektronik sama dengan tanda tangan biasa.

  1. Potret Juara Umum dan Pemenang In-House Counsel Team 2022

Hukumonline telah menggelar survei dengan responden dari kalangan in-house counsel perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia dalam ajang Hukumonline Indonesian In-House Counsel Awards 2022. Terdapat 6 kategori yang dipertandingkan, dua di antaranya adalah kategori juara umum berupa In-House Counsel Team of The Year 2022 dan In-House Counsel Leader of The Year 2022.

  1. Perbedaan UMR, UMP dan UMK dalam Dunia Kerja

Upah Minimum Regional (UMR), Upah Minimum Provinsi (UMP), dan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) adalah sejumlah singkatan dalam sistem penggajian karyawan. Penetapan UMR, UMP, dan UMK erat kaitannya dengan kenaikan dan penetapan upah terbaru, untuk itu pemerintah menggunakan sejumlah skala yang bisa terapkan.

  1. Waspada Monopoli Data di Era Digital

Beberapa waktu lalu dua perusahaan digital yakni GoJek dan Tokopedia melakukan merger dengan memperkenalkan merek GoTo. Merger ini menghasilkan entitas baru GoTo Grup yang mengkombinasikan layanan e-commerce, on-demand, dan layanan keuangan dan pembayaran dalam satu platform. Namun merger yang dilakukan dua perusahaan berbasis digital tersebut berpotensi terjadinya monopoli data yang bisa disebut dengan dataopoli.

Itulah 5 artikel pilihan Redaksi Hukumonline hari ini. Semoga highlight artikel hari ini dapat memberikan informasi tambahan bagi Anda. Simak beragam artikel lainnya dalam Berita Hukumonline. Selamat membaca!

Tags:

Berita Terkait